Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara supaya Pemilik Motor Tidak Kena Tipu Saat Beli Oli Palsu

Kompas.com - 28/10/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, kembali marak peredaran oli palsu untuk mesin sepeda motor. Untuk itu, konsumen jangan sampai tertipu dan salah dalam membeli oli mesin untuk perawatan berkala sepeda motor.

Dikutip dari media sosial Instagram @divisihumaspolri, disebutkan bahwa penyebarannya cukup luas dan sudah berlangsung cukup lama. Khususnya di Jawa Tengah dan Kalimantan.

Baca juga: Pemalsuan Oli Mesin Sepeda Motor Masih Marak

Sebenarnya, caranya cukup mudah agar tidak tertipu ketika membeli oli mesin untuk motor. Konsumen bisa melakukan ganti oli di bengkel resmi, karena sudah terjamin oli yang digunakan asli sesuai rekomendasi pabrikan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DIVISI HUMAS POLRI (@divisihumaspolri)

Namun, bagi konsumen yang lebih memilih untuk membeli oli di toko atau bengkel umum, tentunya harus lebih cermat dalam memilih oli. Salah satu produk oli mesin yang menggunakan kemasan khusus agar tidak mudah dipalsukan adalah Federal Oil.

Rommy Averdy Saat, Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, konsumen bisa menggunakan empat cara dalam mengenali produk asli Federal Oil.

Baca juga: Servis Perdana 1.000 Km, Apakah Harus Ganti Oli Mesin?

"Pertama, ada dari tutup botol di mana terdapat jetprint yang kualitasnya rapih. Lalu yang kedua, setelah tutup botol dibuka, terdapat logo pada alumunium foil yang juga tercetak dengan rapih," ujar Rommy, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Ilustrasi Mengganti Oli Mesin MotorDok. Federal Oil Ilustrasi Mengganti Oli Mesin Motor

"Ketiga adalah terdapat ukiran parang yang merepresentasikan brand kami dengan bentuk yang presisi dan rapih juga tentunya. Terakhir, kami juga sematkan QR code pada belakang label agar konsumen dan bengkel bisa langsung melakukan check keasliannya dengan scan QR code tersebut menggunakan kamera handphone," kata Rommy.

Rommy menambahkan, jika konsumen menemukan produk Federal Oil yang palsu dapat melaporkan temuannya kepada Call Center Halo Federal di nomor telepon 1500027.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.