Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Tilang Manual, Polda Jabar Dorong Penindakan Simpatik

Kompas.com - 28/10/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan jajarannya untuk tidak lagi melakukan penindakan tilang secara manual kepada para pelanggar lalu lintas.

Sebelumnya, instruksi tersebut disampaikan dalam surat telegram Nomor ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, pada tanggal 18 Oktober 2022. Akan ada sanksi internal buat personel yang melanggar ketentuan tersebut.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Jaya Sudah Tarik Semua Surat Tilang Manual

Terkait hal tersebut, Polda Jawa Barat dipastikan akan mengikuti kebijakan yang akan mulai diberlakukan tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo memaparkan bahwa sekarang, pihaknya akna lebih mengedepankan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau kamera tilang, dalam melakukan penindakn di masyarakat.

"Kami berlandaskan dengan TR Kapolri di Mabes, dalam hal ini dari Korlantas. Kami menerapkan dengan memprioritaskan ETLE," ucap Ibrahim seperti dikutip dari NTMC Polri, Jumat (28/10/2022).

Ilustrasi ETLE Mobiledok.PoldaMetroJaya Ilustrasi ETLE Mobile

Ia juga memastikan bahwa tilang secara manual di wilayah hukum Polda Jabar akan ditiadakan, kecuali di titik-titik tertentu yang rawan kecelakaan dan tidak dilengkapi dengan kamera ETLE.

Pada praktiknya nanti, pihak kepolisian akan lebih memprioritaskan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Namun secara umum, tilang manual ditiadakan kecuali di area yang rawan kecelakaan.

Baca juga: Kapolri Minta Bisa Langsung Mengulang Saat Gagal Ujian SIM

Penindakan yang akan dilakukan oleh jajaran polisi di Jawa Barat nantinya akan dilakukan secara simpatik dan edukatif.

"Akan diedukasi agar masyarakat mengerti tentang pelanggaran lalu lintas tersebut agar tidak terulang dan nanti akan berujung pada edukasi yang memperlancar arus lalu lintas, ini garis besar yang kita lakukan di Jabar," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.