Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crutchlow Sebut Yamaha M1 Butuh Lebih dari Sekadar Top Speed

Kompas.com - 27/10/2022, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha YZR-M1 masih memiliki banyak kelemahan, khususnya soal tenaga dan top speed. Untuk itu, Yamaha mengandalkan Cal Crutchlow sebagai test rider untuk memperbaikinya pada sesi tes privat di Jerez, Spanyol.

Pebalap asal Inggris tersebut akan menjalani sesi tes pekan ini di Sirkuit Jerez. Yamaha sendiri akan membawa empat mesin dengan spesifikasi yang berbeda untuk M1 versi 2023.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Malaysia, Cal Crutchlow Jadi Pebalap Tercepat

Soal top speed, M1 versi 2023 dinilai sudah mengalami peningkatan. Fabio Quartararo juga memberikan komentar positif terkait top speed M1.

Cal Crutchlowtwitter/@rnfracingteam Cal Crutchlow

"Arahnya adalah kami butuh tenaga lebih dan top speed yang lebih kencang. Tapi, menurut saya, kami butuh hal lainnya lagi," ujar Crutchlow, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (27/10/2022).

Crutchlow menambahkan, untuk bisa meningkatkan performa motor tidak bisa dicapai hanya dalam satu pekan. Apalagi, dalam pengetesan di Jerez, Crutchlow harus mengetes empat mesin berbeda.

Baca juga: Crutchlow Sebut Yamaha M1 Sekarang Sulit Dikendalikan

"Kami harus bisa membangun motor yang bisa kencang jika digunakan pebalap lain. Kami harus bisa bersaing dengan pebalap lain," kata Crutchlow.

Cal Crutchlow saat balapan pada MotoGP Styria 2021Gold and Goose Cal Crutchlow saat balapan pada MotoGP Styria 2021

Menurutnya, Yamaha hanya kencang jika melaju sendirian di trek. Tapi, jika motor dikeliling pebalap lain, maka M1 akan sulit untuk melaju dengan maksimal.

"Tidak masalah apakah mesin, sasis, cengkraman ban, kami lambat di trek lurus. Sulit untuk bertahan ketika bersama pebalap lain, sangat sulit," ujarnya.

Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP AustriaGold and Goose Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP Austria

Crutchlow mengatakan, Quartararo meraih kemenangannya di musim ini dengan melaju sendirian di depan. Untuk itu, dia juga harus kompetitif jika berada dalam grup bersama pebalap lain.

Crutchlow akan melakukan tes untuk Yamaha M1 versi 2023. Setelah itu, motor akan diberikan pada Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli untuk dites, usai MotoGP Valencia 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com