Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Pilih Main Aman di MotoGP Valencia

Kompas.com - 28/10/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia memiliki peluang besar untuk menjadi juara dunia MotoGP. Saat ini dirinya unggul 23 poin dari Fabio Quartararo.

Dengan hanya satu seri tersisa, Bagnaia bisa dengan mudah memberikan gelar juara dunia untuk Ducati. Pasalnya, Pecco akan tetap menjadi gelar juara dunia meski dirinya finis di posisi ke-14.

Akan tetapi, jika Pecco finis ke-15 atau lebih buruk bahkan crash hingga tidak mampu menyelesaikan balapan, kemudian Quartararo mengisi podium pertama, maka dipastikan gelar juara dunia itu akan jatuh ke tangan Quartararo.

Baca juga: Ternyata Ini yang Didiskusikan Ducati Saat Bagnaia Lawan Bastianini

Mengingat hanya dua poin yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan, Pecco mengatakan akan menghadapi MotoGP Valencia dengan santai. Ia mengaku, tak ingin mengambil risiko pada balapan pekan depan.

“Di Valencia saya pikir kami bisa cepat bahkan tanpa mengambil risiko terlalu banyak,” ucap Bagnaia, dikutip dari Corsedimoto, Jumat (28/10/2022).

Tiga pebalap MotoGP, Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Francesco Pecco BagnaiaAFP/GIUSEPPE CACACE Tiga pebalap MotoGP, Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Francesco Pecco Bagnaia

Hal ini lantaran dirinya berkaca pada kasus sang guru, Valentino Rossi, di mana The Doctor gagal juara dunia saat balapan di seri terakhir MotoGP Valencia pada 2006.

Pada saat itu, Rossi memimpin klasemen dengan jarak 8 poin dari rival terkuatnya Nicky Hayden. Artinya, Rossi bisa meraih gelar juara dunia asalkan finis di depan Hayden, berapapun posisinya.

Namun sayangnya, Rossi justru tercecer dan finis di posisi ke-13. Sementara Hayden berhasil meraih podium ketiga. Berkat hasil itu, Hayden pun meraih juara dengan unggul 5 poin dari Valentino Rossi.

Baca juga: Faktor Gagal Rem pada Truk, Mulai dari Hal Sederhana

Maka dari itu, rider berusia 25 tahun ini memilih untuk tidak menggebu-gebu dan menikmati hari-hari jelang GP Valencia.

“Saya (sebenarnya) tidak akan melihat atau mengingat balapan itu (kejadian Rossi di MotoGP Valencia 2006). Saya cukup tenang, dan tidak terlalu memikirkannya. Saya tahu bahwa hasil yang akan kami capai akan sangat penting. Tapi, Saya akan mencoba untuk diam di rumah dan sedikit bersantai,” kata Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com