Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Alva Sudah Terjual Ratusan Unit

Kompas.com - 21/10/2022, 09:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Motor listrik saat ini menjadi salah satu segmen kendaraan yang banyak naik daun di Indonesia. Salah satu opsi pilihannya adalah Alva One, motor listrik yang meluncur di GIIAS, Agustus 2022.

Sejak dipamerkan, startup motor listrik yang bernaung di bawah payung holding Indika Energy itu diklaim sudah terjual cukup besar.

“Standing order di GIIAS 2022 di atas 500 unit. Target kita akhir tahun ini bisa ke 4 digit harapannya,” kata Purbaja Pantja Presiden Direktur kepada Kompas.com di Alva Experience Center, Jakarta, Kamis (21/10/2022).

Managing Director Alva Rainier Haryanto menjelaskan, motor listrik Alva One menawarkan sistem kredit untuk para konsumen yang tertarik membeli. 

Saat ini, rata-rata konsumen Avla, merupakan pembeli motor kedua atau ketiga, meskipun masih dominan yang memilih untuk membeli secara kredit.

Baca juga: Toyota Indonesia Bicara Soal Yaris Baru

“Menariknya porsi kredit motor listrik hampir mirip seperti motor BBM. Artinya masih banyak orang yang pakai leasing, tapi ada juga yang datang langsung cash. Porsinya mirip-mirip,” kata Rainier.

Sebagai pemain baru di bisnis motor listrik Tanah Air, Alva juga berupaya untuk mengenalkan teknologi motor listrik kepada pasar.

Chief Business Officer Alva Putu Yudha atau Adit mengatakan jika selama ini pihaknya mengekspos target market ke masyarakat menengah yang edukasinya masih kurang.

“Dan kita punya hipotesa saat di GIIAS 2022 bahwa orang yang mau beli atau pre order pertama Alva itu orang yang sudah punya kendaraan mobil atau motor, jadi bukan motor pertama, dan harga yang kita tawarkan bukan diproyeksikan sebagai motor pertama juga,” kata Adit.

Motor listrik Alva One di Alva Experience Center, JakartaJanlika Putri/ Kompas.com Motor listrik Alva One di Alva Experience Center, Jakarta

Artinya rata-rata pemilik motor Alva adalah orang –orang yang sudah terekspos dengan edukasi, dan yang kedua memang dia punya keinginan merubah gaya hidup.

Baca juga: Alex Rins Incar Naik Podium Lagi di GP Malaysia

Motor listrik Alva One diklaim mampu menghasilkan daya 5,7 daya kuda serta torsi 46 Nm. Alva One dibekali baterai lithium 60 volt 45 Ah dengan bobot 18 Kg yang dilindungi layar IP65 yang aman dari debu dan semprotan air.

Mengenai daya cas, motor ini punya spesifikasi 70.5 V 15 A (1,1 kW). Sementara lama pengisian berada di sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh Harganya, Rp 34,9 juta on the road Jakarta.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.