Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Bicara Soal Yaris Baru

Kompas.com - 20/10/2022, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja resmi meluncurkan generasi terbaru dari Vios untuk pasar Indonesia, yang diimpor secara utuh (completely built-up/CBU) dari Thailand.

Dengan sejumlah peremajaan termasuk pada bagian fitur sampai platformnya, menggunakan rangka baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Lantas, apakah kendaraan serupa bakal dikenalkan juga di Tanah Air?

Mengacu pada spesifikasi beberapa produk Toyota di Thailand, setidaknya ada satu model yang juga menggunakan platform DNGA yaitu Yaris.

Baca juga: Kemenhub Umumkan Tarif Angkutan Massal Teman Bus di 10 Kota

Toyota Yaris GR SportDok. TAM Toyota Yaris GR Sport

Mengingat, di Indonesia model Yaris sudah delapan tahun tidak pernah diberi penyegaran total. Mobil masih menggunakan model berkode XP150 yang hanya disematkan beberapa pemanis saja.

Menanggapi itu, Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy menyatakan bahwa pihaknya tidak menutup peluang untuk mendatangkan berbagai produk baru ke dalam negeri. Asalkan, jumlah permintaannya memenuhi.

"Pasti namanya setiap produk, tidak hanya Yaris, kita akan review terus kondisi penjualannya, market acceptance-nya. Dan pada saat ini kita baru confirm untuk meluncurkan Vios terlebih dahulu," kata dia.

Baca juga: Benarkah Mobil Matik Punya Usia Pakai?

Komparasi desain Toyota Yaris, Honda City Hatchback RS, dan Suzuki BalenoKompas.com/Donny Komparasi desain Toyota Yaris, Honda City Hatchback RS, dan Suzuki Baleno

"Jadi, saat ini (Yaris baru) masih under study sambil melihat kebutuhan atas konsumen ke depannya," tambahnya.

Dalam kesempatan terpisah, Anton juga mengatakan masih ada beberapa produk baru yang akan diluncurkan TAM sampai akhir tahun ini. Tetapi untuk jumlah pastinya, masih enggan disebutkan.??

"Yang pasti kita akan hadirkan kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia pada akhir tahun 2022," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com