Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Dapat QR Code BBM Subsidi, Ini Masalahnya

Kompas.com - 17/10/2022, 12:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga 15 Oktober 2022, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pendaftar Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, sudah mencapai 2,8 juta.

Namun dari jumlah tersebut, baru sekitar 2 juta yang terverifikasi dan sudah mendapat QR Code, yang nantinya akan digunakan membeli Pertalite atau Solar saat aturan pembatasan sudah berlaku.

Ketika ditanya kenapa belum semua pendaftar mendapat QR Code, Irto menjelaskan masalahnya bukan karena mobil yang tak sesuai regulasi, tapi memang perlu dilakukan revisi lagi.

Baca juga: Pendaftar BBM Subsidi Capai 2,8 Juta, Kapan Pembatasannya Diterapkan?

"Bukan ditolak, namun perlu direvisi karena beberapa hal menyangkut kelengkapan datanya," ujar Irto kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Angkutan Kota D08 mengisi bahan bakar minyak (BBM) subsidi Pertalite di SPBU di Depok, Senin (5/9/2022). Organda memastikan adanya kenaikan tarif angkutan umum imbas dari kenaikan BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Angkutan Kota D08 mengisi bahan bakar minyak (BBM) subsidi Pertalite di SPBU di Depok, Senin (5/9/2022). Organda memastikan adanya kenaikan tarif angkutan umum imbas dari kenaikan BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar.

Menurut Irto, ada beberapa pendaftar yang tak sesuai saat melampirkan persyaratan. Contohnya seperti foto STNK yang tidak terbaca, nomor polisi tidak terlihat, dan kendaraan yang tidak sesuai atau terlihat jumlah rodanya.

Karena itu, Pertamina memberikan toleransi agar pendaftar yang datanya kurang atau tidak lengkap untuk diperbaiki kembali. Bila sudah sesuai, akan dilakukan proses lebih lanjut.

"Pendaftar akan mendapat notifikasi via email dan bisa memperbaiki data. Selanjutnya akan diverifikasi ulang," kata Irto.

Baca juga: Tanpa PPnBM, Masih Ada Pilihan LCGC di Bawah Rp 150 Juta

Sosialisasi pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina di Cilacap, Jawa Tengah, Senin (11/7/2022). Pertamina bantah kabar beli BBM subsidi wajib pakai MyPertamina berlaku 1 Agustus 2022DOKUMENTASI PERTAMINA Sosialisasi pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina di Cilacap, Jawa Tengah, Senin (11/7/2022). Pertamina bantah kabar beli BBM subsidi wajib pakai MyPertamina berlaku 1 Agustus 2022

Terkait soal foto yang menjadi syarat pendaftaran, masyarakat diminta untuk melengkapi data sebagai berikut :

- Foto KTP untuk semua jenis kendaraan
- Foto Diri untuk semua jenis kendaraan
- Foto STNK depan dan belakang (dibuka)
- Foto KIR kecuali untuk kendaraan pribadi
- Foto Kendaraan secara keseluruhan
- Foto nomor polisi kendaraan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.