Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Normal kalau Pengereman Honda Freed Kasar?

Kompas.com - 17/10/2022, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Honda Freed sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia, tetapi populasinya masih cukup besar di Indonesia.

Selain itu, harga bekas Honda Freed juga tergolong masih cukup tinggi. Tentu, itu bisa menjadi bukti bahwa mobil keluaran pintu geser lansiran 2009 sampai 2015 ini cukup diminati konsumen..

Namun, jika Anda berniat membeli mobil ini, perlu memperhatikan kondisi remnya. Pasalnya, ada komponen rem yang sempat bermasalah dan perlu dilakukan penggantian.

Baca juga: Harga Honda Freed Bekas, Mulai Rp 120 Jutaan

Ilustrasi Honda Freed tahun 2016Istimewa Ilustrasi Honda Freed tahun 2016

Pemilik Bengkel Pradana Iwan Pratikno mengatakan, secara umum Honda Freed tidak banyak masalah, kerusakannya termasuk wajar karena setiap mobil memang membutuhkan perawatan. Namun, ada komponen rem pada mobil ini yang perlu diperhatikan.

“Dulu rem Honda Freed sempat ditarik oleh Honda, jadi master remnya itu bermasalah, komponen ini menyatu dengan booster sebagai komponen utama penerus gaya dorong dari pedal rem,” ucap Iwan yang sempat bekerja sebagai mekanik Honda kepada Kompas.com di Semarang, Minggu (16/10/2022).

Dia mengatakan, sebagai penerus gaya dorong, master rem bertugas menekan minyak rem untuk disalurkan ke masing-masing rem di setiap roda.

Baca juga: Mobil Bekas yang Harganya Stabil, Honda Freed Salah Satunya

Master rem mobil yang bocor jadi penyebab minyak rem berkurang Dicky Aditya Wijaya Master rem mobil yang bocor jadi penyebab minyak rem berkurang

“Nah, malangnya master rem Honda Freed ini tidak mampu memindahkan gaya dorong dengan lembut, jadi ketika direm itu terasa nyentak,” ucap Iwan.

Kendati demikian, dia mengatakan, pihak Honda sempat melakukan recall alias kampanye perbaikan massal Freed. Masalahnya, kala itu kondisi komponen master rem yang tidak bekerja maksimal.

“Dulu sempat ditarik, seharusnya semua Honda Freed yang remnya bermasalah sudah teratasi pada waktu itu, hanya saja peluang untuk terlewat, entah karena pemilik kendaraan atau faktor apa, master rem yang bermasalah itu bisa saja belum sempat diganti,” ucap Iwan.

Baca juga: Modifikasi VIP Style Honda Freed, Rogoh Ratusan Juta Rupiah

Modifikasi Honda FreedMommy Lesmana Modifikasi Honda Freed

Dia menjelaskan, sebagai calon pembeli mobil tersebut, ada baiknya untuk memeriksa semua komponen mobil yang akan dibeli. Salah satunya yang tidak boleh ketinggalan adalah memeriksa performa rem Honda Freed.

“Periksa saja, siapa tahu performa remnya tidak lembut, ada entakan ketika rem dioperasikan dengan pelan, itu bisa jadi master remnya yang bermasalah,” ucap Iwan.

Jadi, karakter rem Honda Freed seharusnya lembut. Jika memang milik Anda remnya tidak lembut, sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan ke bengkel langganan yang kompeten di bidangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com