Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Tarikan Mesin Honda Jazz Lemot

Kompas.com - 17/10/2022, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Honda Jazz merupakan mobil keluaran Jepang yang banyak digemari, khususnya oleh anak-anak muda di Indonesia.

Pasalnya, mobil ini memiliki desain yang sporty dan modern. Selain itu, mobil ini juga terkenal dengan mesinnya yang bandel.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan performa mesin Honda Jazz menjadi menurun seiring pemakaian. Salah satunya, tarikan mesin bisa mendadak lemot tidak seperti biasanya.

Baca juga: Tampil Lebih Agresif, Honda Jazz RS Dapat Kosmetik Baru dari Mugen

Busi mobilDicky Busi mobil

Pemilik Setiawan Auto Service Gaga Putra Setiawan, mengatakan performa mesin Honda Jazz bekas biasanya mulai menurun karena faktor usia.

“Untuk Honda Jazz bekas, biasanya performanya akan mengalami penurunan, faktor usia menjadi penyebab utamanya, seperti tarikan mesin menjadi lemot tiba-tiba, itu sering terjadi,” ucap Gaga kepada Kompas.com di Semarang, Minggu (16/10/2022).

Dia mengatakan performa mesin Honda Jazz yang responsif bisa menjadi lemot bila terjadi kerusakan pada komponen mesin, khususnya pada sektor pengapian.

Baca juga: Honda Jazz di Jepang Dibekali Mesin yang Lebih Bertenaga

Honda JazzIstimewa Honda Jazz

“Yang sering terjadi, koil pengapian itu bocor, jadi arus listrik yang seharusnya semua menuju busi untuk menciptakan bunga api, ini sebagian bocor sebelum sampai busi, sehingga api yang dihasilkan mengecil,” ucap Gaga.

Dia menjelaskan dari bunga api yang lebih kecil dari standarnya, akan membuat performa mesin menjadi berkurang.

“Karena bunga api yang dihasilkan oleh busi kecil, maka wajar saja jika tarikan mesin Honda Jazz menjadi lemot atau tidak responsif,” ucap Gaga.

Baca juga: Harga Honda Jazz Bekas Lebih Mahal daripada Brio Baru

Pilihan body kit tersedia untuk Jazz lawas lansiran 2007-2010.carsguide.com/Honda Pilihan body kit tersedia untuk Jazz lawas lansiran 2007-2010.

Gaga melanjutkan penjelasan, koil pengapian merupakan komponen yang awet, sehingga tidak memerlukan penggantian secara berkala pada saat mobil melakukan servis. Sehingga, konsekuensinya akan membuat Honda Jazz bekas rawan mengalami kerusakan pada komponen tersebut.

“Sebenarnya wajar saja jika komponen sudah lama tidak diganti akan rusak, koil pengapian pada Honda Jazz juga termasuk salah satunya, setelah koil pengapian diganti bisa kembali normal asal tidak ada kerusakan lainnya,” ucap Gaga.

Jadi, penyebab tarikan mesin Honda Jazz tiba-tiba lemot bisa jadi karena koil pengapian yang sudah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com