Tes New Honda CBR250RR di Sirkuit Tertutup, Begini Hasilnya

Kompas.com - 07/10/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda CBR250RR resmi meluncur di awal September 2022. Kini awal Oktober, Astra Honda Motor (AHM) akhirnya membolehkan media untuk menjajal motor sport seperempat liter tersebut.

Seperti diketahui Honda mengubah beberapa sektor pada CBR250RR terbaru ini mulai dari tampilan eksterior dengan fairing lebih gembung, serta ubahan teknis di mesin yang memuat tenaganya naik dari model 2020.

Tes kali ini dilakukan di trek tertutup di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat. Trek yang digunakan khusus untuk motor sport karena memang pada dasarnya ialah sirkuit permanen.

Baca juga: Cek Harga Kawasaki KLX 150 dan Yamaha WR155R, Oktober 2022

Fasilitas ini berbeda dengan trek yang digunakan untuk motor lain semisal skutik dan motor bebek. Seperti yang Kompas.com jajal belum lama ini saat mengendarai New Vario 125.

Test ride New Honda CBR250RR di fasilitas tertutup Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Test ride New Honda CBR250RR di fasilitas tertutup Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat.

Kompas.com tidak akan membahas soal desain tapi langsung rasa berkendara. Saat pertama naik ke atas jok, posisi duduk tetap sama seperti model lama. Setang CBR250RR termasuk paling bongkok.

Kompas.com mendapat motor dengan livery tricolor merah-biru-putih yang merupakan varian paling t‌inggi. Secara subjektif, corak ini juga yang paling ganteng mengalahkan versi Astra Honda Racing Team.

Baca juga: Recall bZ4X Sudah Rampung, Mobil Siap Dikirim Lagi ke Konsumen

Gas dibejek dan putaran mesin terasa enteng seperti pada model sebelumnya. Tenaga mengalir deras dari putaran bawah sampai tinggi. Top speed Kompas.com mencapai 160-an kpj di jalanan lurus.

Angka 160-an kpj didapat sebab dalam tes beregu pengendara tidak boleh menyalip pengendara di depan. Saat tes Kompas.com menggunakan mode Sport+ yang dirancang untuk mengeluarkan semua potensi terbaik motor.

Test ride New Honda CBR250RR di fasilitas tertutup Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Test ride New Honda CBR250RR di fasilitas tertutup Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat.

Jujur saja penambahan tenaga di model baru ini tidak terasa luar biasa sebab tes dilakukan di sirkuit. Penguji Kompas.com juga bukan pebalap yang merasakan motor sampai detail paling rinci.

Baca juga: Indonesia Gandeng Singapura buat Gelar Balapan F1 di Bintan

Namun dasar berpikirnya ialah kenaikan tenaga ini akan berpengaruh di jalan raya. Di jalan raya pengendara butuh tarikan responsif, dan itu yang ditawarkan motor dengan model buangan knalpot dua lubang ini.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.