Hindari Macet Usai Hujan, Cek Kondisi Lalu Lintas Sebelum Perjalanan

Kompas.com - 07/10/2022, 16:24 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada Kamis (6/10/2022) siang hari, menyebabkan sejumlah ruas jalan digenangi air hingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Bahkan imbas hujan deras di wilayah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan titik macet di beberapa daerah hingga malam hari.

Untuk menghindari kemacetan imbas dari curah hujan yang tinggi, pengguna kendaraan bisa memantau situasi jalan dengan beberapa cara.

Baca juga: Cek Harga Kawasaki KLX 150 dan Yamaha WR155R, Oktober 2022

Cara pertama yang paling sering dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor untuk melihat kondisi lalu lintas secara real-time adalah lewat aplikasi peta, seperti Google Maps atau Waze.

Umumnya ketika menggunakan Google Maps maupun Waze sebagai penunjuk navigasi maka akan muncul warna kode warna oranye, biru, hijau, dan merah di jalur yang dipilih. Kode warna inilah yang menjadi penunjuk kondisi lalu lintas disaat itu.

Cara cek tarif tol di Google Maps.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara cek tarif tol di Google Maps.

Jika muncul warna merah, berarti ada penundaan lalu lintas saat macet. Ketika warna merah semakin terlihat gelap, artinya kecepatan lalu lintas semakin lambat.

Pada kedua aplikasi peta tersebut biasanya akan disediakan rute alternatif untuk menghindari kemacetan yang terjadi di rute utama. Sehingga pengguna kendaraan bermotor bisa lebih cepat sampai ke tujuan.

Selain Google Maps dan Waze, pengguna kendaraan bermotor juga bisa memperoleh informasi kondisi lalu lintas melalui media sosial kepolisian TMC Polda setempat dan operator tol. Selain itu, khusus jalan bebas hambatan (jalan tol) dapat juga menyimak kondisi jalan lewat pantauan CCTV online.

Cara mengaksesnya, tinggal klik link ini dan pilih CCTV Tol pada kolom menu di atasnya. Apabila hendak mencari ruas non-tol juga ada, tetapi memang belum lengkap.

Tangkapan layar laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub yang menampilkan CCTV dari sejumlah lokasi.rttmc.dephub.go.id Tangkapan layar laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub yang menampilkan CCTV dari sejumlah lokasi.

Dalam informasi ini juga tersedia tarif dan navigasi Tol, lengkap dengan perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Apabila ingin lebih luas lagi, bisa mendatangi situs milik Road Tol Transport and Traffic Management Center (RTTMC) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Citroen e-C4 yang Bakal Rilis di Indonesia

Informasi ini bersifat real time dari berbagai daerah. Setidaknya ada sekitar 40 CCTV yang bisa diakses, sehingga mengetahui kondisi jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.