Kompas.com - 07/10/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) saat ini terbagi menjadi ETLE statis dan ETLE mobile. Pada ETLE statis, kamera tilangnya ditempatkan di titik-titik tertentu yang rawan pelanggaran lalu lintas.

Sedangkan pada ETLE mobile, kamera tilangnya bergerak mengikuti patroli petugas kepolisian. Baik dengan mobil ataupun dengan menggunakan ponsel.

Baca juga: Operasi Zebra 2022, Begini Cara Cek Kendaraan yang Kena ETLE

Langkah tersebut diambil untuk memaksimalkan penindakan terhadap pelanggar aturan lalu lintas di wilayah-wilayah yang belum ditempatkan ETLE statis.

Dengan menggunakan ETLE mobile, ponsel yang digunakan oleh petugas dilengkapi denga perangkat khusus yang terhubung dengan database urusan penanggulangan pelanggaran lalu lintas. Hasil gambar pelanggaran pun bisa terkirim langsung ke bagian back office.

Namun untuk mekanisme pembayarannya sama dengan denda ETLE biasa. 

Setelah pengendara melakukan konfirmasi terhadap surat tilang yang diberikan oleh pihak kepolisian, maksimal tiga hari dari hari pelanggaran, pelanggar bisa mengecek jadwal klarifikasi pemilik kendaraan ke unit ETLE tiap Polda.

Pelanggar juga diberi waktu 8 hari untuk melakukan konfirmasi. Konfirmasi bisa dilakukan secara daring melalui laman etle-pmj.info/id atau melalui situs kejaksaan.

Baca juga: Ada Tilang Elektronik, Ingat Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol

Berikut cara pembayaran melalui laman ETLE:

1. Kunjungi laman https://etle-pmj.info/id/check-data
2. Masukkan nomor plat kendaraan, nomor mesin kendaraan, dan nomor rangka kendaraan
3. Klik ‘Cek Data’
4. Tunggu informasi status pelanggaran. Jika tidak ada pelanggaran, akan muncul tulisan ‘No Data Available’ atau data tidak tersedia. Namun, jika telah melanggar peraturan, datanya akan muncul.

Pihak kepolisian terus memantau ketertiban berlalu lintas para pengendara di Lamongan, Jawa Timur melalui ETLE. *** Local Caption *** Pihak kepolisian terus memantau ketertiban berlalu lintas para pengendara di Lamongan, Jawa Timur melalui ETLE.Dok. Polres Lamongan Pihak kepolisian terus memantau ketertiban berlalu lintas para pengendara di Lamongan, Jawa Timur melalui ETLE. *** Local Caption *** Pihak kepolisian terus memantau ketertiban berlalu lintas para pengendara di Lamongan, Jawa Timur melalui ETLE.

Baca juga: Simak Aturan Pergantian Warna Pelat Nomor Kendaraan

Sedangkan berikut ini adalah langkah pembayaran melalui situs kejaksaan:

1. Kunjungi laman https://tilang.kejaksaan.go.id/
2. Masukkan nomor registrasi tilang atau nomor blangko atau nomor berkas tilang
3. Klik ‘Cari’
4. Tunggu hasil besaran denda tilang yang diberikan pihak kepolisian
5. Terakhir klik tombol ‘Bayar’.

Selain secara daring, pelanggar juga bisa langsung mendatangi kantor Sub Direktorat Penegakan Hukum dalam batas waktu yang ditentukan. Jika melewati batas waktu, surat tanda nomor kendaraan (STNK) bisa diblokir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.