Para Pegiat Kustom Siap Dukung Konversi Motor Listrik

Kompas.com - 06/10/2022, 19:11 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sejalan dengan rencana pemerintah yang ingin mempercepat tren elektrifikasi di Indonesia, saat ini peminat konversi motor listrik mulai meningkat.

Dari dunia modifikasi, para pegiat kustom motor banyak juga yang sudah menyasar ke ubahan konversi motor listrik.

Salah satunya, yaitu sebuah motor kustom listrik bergaya chopper yang menjadi undian lucky draw Kustomfest 2022.

Baca juga: Desain Jadi Pertimbangan Orang Beralih ke Motor Listrik

Chopper Electric Bike jadi lucky draw Kustomfest 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Chopper Electric Bike jadi lucky draw Kustomfest 2022

Lulut Wahyudi, Director Kustomfest, mengatakan, pihaknya sanggup memberikan dukungan dari segi produk maupun SDM untuk pengembangan konversi motor listrik.

“Dengan tenaga-tenaga ahli di bidang kustom, yang sekarang ini banyak ditawari kerja di luar negeri. Banyak sekali welder atau tukang las yang bekerja di Malaysia, Singapura. Semoga dengan ini pemerintah bisa memperhatikan lagi,” ujar Lulut di Yogyakarta, belum lama ini.

“Masyarakat kustom atau pelaku kustom bukan tidak menguasai teknologi. Kami melek teknologi. Sehinga harapan kami jika nanti sudah dijalankan, konversi ke kendaraan listrik itu bisa dikerjakan oleh pelaku-pelaku di dunia kustom,” kata dia.

Baca juga: Seberapa Tinggi Genangan Air yang Aman Dilewati Mobil?

Lulut juga berharap, pemerintah melihat hal ini sebagai potensi, khususnya anak-anak muda yang bisa melakukan konversi motor listrik.

“Kalau mereka bikin motor aja mereka bisa, apalagi konversi mengganti mesin konvensional jadi listrik. Saya yakin sekali bisa, dan potensi itu harus kita yang menguasai dan menjalankan,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.