Operasi Zebra 2022, Begini Cara Cek Kendaraan yang Kena ETLE

Kompas.com - 05/10/2022, 14:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya resmi menggelar Operasi Zebra 2022 sejak 3 Oktober 2022. Operasi ini akan diadakan selama hampir dua pekan kedepan, atau tepatnya hingga 16 Oktober 2022.

Adapun untuk tujuan Operasi Zebra 2022 ini adalah untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Operasi Kepolisian Zebra Jaya 2022 dilaksanakan selama 3-16 Oktober 2022. Diutamakan penindakan secara ETLE, tilang manual mungkin pada tempat-tempat tertentu itu harus tetap dilaksanakan,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

Baca juga: Semua Kendaraan Patroli Polisi Pakai BEV Mulai 2023

Adapun dalam Operasi Zebra Jaya 2022 ini, ada sejumlah pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi, mulai dari melawan arus lalu lintas, menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI, hingga pemasangan sirene dan rotator yang tidak sesuai peruntukannya.

Pelajar SMK di Jakarta Barat terjaring operasi Zebra Jaya 2022 yang digelar di kawasan Jalan S Parman, Slipi Jakarta Barat pada Selasa (4/10/2022). Saat dihentikan polisi, ia mengaku takut ditilang dan mencoba mengebut untuk kabur. KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Pelajar SMK di Jakarta Barat terjaring operasi Zebra Jaya 2022 yang digelar di kawasan Jalan S Parman, Slipi Jakarta Barat pada Selasa (4/10/2022). Saat dihentikan polisi, ia mengaku takut ditilang dan mencoba mengebut untuk kabur.

Bagi Anda yang ingin memastikan apakah kendaraan terkena tilang elektronik atau tidak, pengendara dapat mengecek via situs resmi etle-pmj.info.

Berikut cara cek status tilang elektronik secara online:

  • Kunjungi laman https://etle.pmj.info/id/check.data.
  • Masukkan nomor pelat kendaraan, nomor mesin, dan nomor rangka sesuai dengan STNK.
  • Setelah terisi semua, pilih “Cek Data”.
  • Jika tidak ada pelanggaran, maka akan muncul kalimat “No Data Available”.
  • Jika ada pelanggaran, maka akan muncul catatan waktu, lokasi, status pelanggaran, serta tipe kendaraan.

Cara bayar denda tilang elektronik atau ETLE

Adapun cara bayar denda tilang elektronik menggunakan Virtual Account Bank BRI (BRIVA). Mengutip situs resmi ETLE, berikut cara bayar denda tilang elektronik:

Cara bayar ETLE via kantor Bank BRI:

-Ambil nomor antrian transaksi teller dan isi slip setoran

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.