Satu Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Lulus Homologasi

Kompas.com - 05/10/2022, 08:02 WIB


BOGOR, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Yamaha E01 segera memulai tes jalan di Indonesia sebelum 2023. Saat ini motor tersebut sudah lulus homologasi dan dinyatakan siap untuk melakukan tes.

Asst General Manager Marketing – Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro mengatakan, homologasi dimaksudkan agar bisa dipakai di jalan bukan berarti langsung dijual.

Baca juga: Mengenal Cat Duco buat Bodi Mobil

"Setiap kendaraan yang akan digunakan di jalan Indonesia harus lolos homologasi. Homologasi itu tidak mesti dijual. Tujuan E01 kemarin dihomologasikan supaya bisa dipakai di jalanan Indonesia," kata Anton di Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Yamaha E01 alias NMAX ListrikDok. Yamaha Yamaha E01 alias NMAX Listrik

"Uji tipe juga sama supaya bisa dipakai di jalanan Indonesia. Karena kita akan membeberkan ini, kalau misalnya seperti di IIMS 2022 itu hanya display saja, tidak boleh dipakai jalan. Karena izinnya hanya untuk display," kata dia.

Anton mengatakan, dari 20 unit motor E01 yang akan dites di Indonesia satu motor sudah lolos homologasi.

"Sedangkan 20 unit ini (yang akan dites) satu unit sudah homologasi dan sudah keluar suratnya bahwa ini layak jalan. Itu yang sehingga, 'kok belum' ya karena kami harus mempersiapkan itu, tidak semata datang langsung dicoba bisa ditangkap polisi," kata dia.

Sebelumnya Anton mengatakan, sesuai jadwal E01 akan dites di Indonesia pada semester dua sebelum 2023.

Baca juga: Kenapa Tidak Semua Bus AKAP Punya Fasilitas Wifi?

Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/AGK Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.

"Kita akan mulai sebelum 2023 itu kemarin yang kita umumkan pada April, kita akan mulai tes market pada semester dua," kata Anton.

Anton mengatakan, tes ini diperlukan sebab Yamaha mesti melihat keunggulan produk. Ada beberapa hal yang akan dilihat salah satunya soal kecepatan dan kemampuan jarak tempuh.

"Salah satu yang diekspektasikan oleh konsumen terhadap EV apa, salah satunya berapa jarak tempuh dan kecepatannya. Misalkan di motor bakar ialah berapa tenaganya, berapa irit," ungkap dia.

"Misal 1 liter (bensin) bisa (menempuh) berapa km nah di motor listrik apa yang bisa diukur. Berarti salah satunya dia bisa kecepatan berapa dan jarak tempuh," kata Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.