Cara Aman Mengemudikan Mobil Transmisi Manual buat Pemula

Kompas.com - 05/10/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika belajar mengemudikan mobil, seorang pengemudi perlu memilih tempat atau lembaga yang tersertifikasi agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Namun tidak sebatas belajar saja, kemahiran seseorang dalam mengemudikan mobil juga bergantung pada jam terbang atau seberapa sering orang tersebut berkendara.

Baca juga: Alasan Kenapa Pengemudi Mobil Listrik Tetap Butuh Pelatihan

Saat mengemudikan mobil manual, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi pemula agar tidak menimbulkan kebiasaan salah yang memperbesar potensi kecelakaan.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting menjelaskan bahwa pengemudi pemula perlu memperhatikan posisi persneling dan posisi kaki pada pedal kopling.

Menginjak gas pada mobilPokPak05 Menginjak gas pada mobil

"Pastikan tidak melakukan kesalahan saat mengoperasikan posisi persneling. Bisa berakibat ditabrak oleh kendaraan lain dari belakang kendaraan kita," ucap Roslianna kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Selain itu, salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan pengemudi pemula adalah selalu meletakkan kaki kiri pada pedal kopling.

Baca juga: Catat, Daftar Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Target ETLE

"Jangan dibiasakan kaki menginjak pedal kopling setiap melakukan pengereman. Karena akan menjadi kebiasaan, dan berakibat fatal apabila di kondisi (jalan) turunan," ucap dia.

Terakhir, pengemudi pemula harus membiasakan diri untuk dapat menggunakan pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem, serta menyesuaikan posisi persneling sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.