Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 20:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Cat mobil merupakan salah satu bagian penting dalam visual kendaraan. Saat ini ada berbagai merek, jenis dan juga teknik pengecatan mobil yang ditawarkan oleh bengkel otomotif.

Cat duco merupakan nama yang paling sering disebut oleh bengkel cat mobil. Cat ini terbuat dari dua jenis bahan kimia yaitu resin dan hardener (pengeras). Maka dari itu, dalam bahasa ilmiah cat duco masuk ke dalam jenis cat NC (nitro cellulose).

Baca juga: Catat, Ini Ruas Tol yang Dipasang Kamera ETLE

Gabungan dari kedua bahan kimia tersebut membuat cat ini memiliki keunggulan lebih cepat kering saat diaplikasikan. Di satu sisi, banyak yang mengatakan jika cat duco juga memiliki kelemahan yaitu mudah pudar.


Erwin Tubun Kepala Bengkel Auto2000 Sunter B&P mengatakan jika cat NC terdiri dari dua komponen sehingga memiliki ketahanan jangka panjang sekalipun terhadap cuaca yang ekstrim dibandingkan cat yang menggunakan satu komponen.

Cat mobil mengelupas karena karat dari dalamKompas.com/Erwin Setiawan Cat mobil mengelupas karena karat dari dalam

 Baca juga: Jangan Isi Radiator Pakai Air Minum Kemasan Beroksigen!

“Seburuk-buruknya cat yang terbuat dari komponen tidak lebih baik kualitas akhirnya dari jenis cat yang hanya terbuat dari satu komponen,” kata Erwin kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Agar cat duco atau NC awet, Erwin menyarankan agar pemilik mobil rajin melakukan perawatan dengan tepat.

“Untuk perawatan sebaiknya menggunakan bahan poles yang baik dan tepat agar lapisan cat bisa terlindungi dengan begitu akan bertahan lebih lama lagi,” kata Erwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com