Kompas.com - 22/09/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil double cabin (Dcab) memiliki ketangguhan dalam melewati medan ekstrim yang tak bisa disamakan dengan jenis mobil lainnya.

Tak heran bila bila akhirnya banyak perusahaan tambang dan perkebunan menjadikan Dcab sebagai kendaraan operasional. 

Selain itu, banyak juga penghobi offroad yang memilih dcab sebagai mobil harian. Bahkan, sedikit modifikasi saja, sudah bisa membuat mobil niaga ringan ini diajak berpetualang atau main ke alam bebas. 

Karena itu, penjualan bekasnya pun terbilang bagus. Hanya saja, calon pembeli kadang bingung membedakan antara unit pemakaian pribadi atau bekas tambang.

Lantas poin apa yang bisa diperhatikan?

Baca juga: Punya Bujet Rp 70 Jutaan, Bisa Tampil Gagah dengan Ford Everest

Mandiri Jaya Motor (MJM) Bengkel Spesialis Ford Dicky Aditya Wijaya Mandiri Jaya Motor (MJM) Bengkel Spesialis Ford

Agung Prastowo, Kepala Bengkel Mandiri Jaya Motor (Ford Kudus) mengatakan, melihat sekilas tampilan bodi mobil belum bisa menjadi patokan apakah unitnya bekas tambang atau pemakaian pribadi.

Hal tersebut karena hampir sama, bisa lebih spesifik lagi memperhatikan bagian kolong dan sasis agar tidak kecolongan. 

"Kolong nomor satu harus di cek, kan kelihatan udah acak-acakan atau rapi. Sasis perhatikan betul, berkarat atau malah sudah tidak presisi. Dua poin itu jadi patokan," ucap Agung dihubungi Kompas.com, Kamis (22/9/2022). 

Kemudian dilanjutkan cek bagian kabin, calon pembeli bisa memperhatikan detail-detail tertentu. Seperti bawah kolong stir, lantai, dan nat pintu. 

Baca juga: Komparasi Double Cabin; Hilux, Triton, Ranger, D-Max dan Navara

Walau sudah mendapat perawatan, sudut-sudut tersembunyi tidak bisa ditipu. Karat dan bekas lumpur bisa dijadikan pertanda sebelum melanjutkan transaksi. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.