Kompas.com - 22/09/2022, 13:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki mengumumkan berkolaborasi dengan Toyota, sebagai salah satu produsen mobil terbesar di dunia dalam bidang pengembangan dan infrastruktur tenaga hidrogen.

Kawasaki telah menandatangani perjanjian dengan Toyota untuk mengumpulkan sumber daya dan mengembangkan mesin hidrogen untuk dipakai di sepeda motor masa depan.

Baca juga: Pasca-Kecelakaan, Quartararo Akui Berat Jalani MotoGP Jepang

Kesepakatan dengan Toyota menawarkan banyak keuntungan bagi Kawasaki. Sebab Toyota merupakan salah satu pabrikan otomotif yang cukup serius mengembangkan tenologi hidrogen.

Toyota melakukan recall 6,5 juta unit untuk beberapa model karena power window.Reuters/ Yuya Shino Toyota melakukan recall 6,5 juta unit untuk beberapa model karena power window.

Seperti diketahui Toyota sudah meluncurkan Toyota Mirai sejak beberapa tahun lalu. Mirai merupakan mobil dengan sel bahan bakar hidrogen khusus pertama di dunia yang telah terjual lebih dari 2.600 unit secara global.

Kesepakatan antara Kawasaki dan Toyota disepakati pada awal September 2022 ketika Presiden Toyota Akio Toyoda mengendarai Kawasaki ATV hidrogen di Motegi.

"Harus ada berbagai pilihan untuk mengurangi emisi karbon dioksida," kata Toyoda dikutip dari Visordown, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Daftar Mobil Pikap Terlaris Agustus 2022

Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electricautoby.jp Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electric

“Saya berharap pemerintah akan mendukung output dengan inovasi teknologi seperti ini, daripada menghentikan kita dengan regulasi,” kata Toyoda.

Alasan Kawasaki menggandeng Toyota ialah berusaha untuk satu langkah ketimbang pabrikan motor lain. Jika saat ini pabrikan lain berkonsentrasi pada motor listrik, Kawasaki mengembangkan EV, hybrid dan juga hidrogen.

Setelah mengumumkan pada EICMA 2021 berencana untuk sepenuhnya menghilangkan penggunaan ICE atau bahan bakar fosil pada 2035, motor listrik perdana Kawasaki diharapkan meluncur tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.