Kompas.com - 20/09/2022, 19:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan destinasi wisata di Indonesia ke depan akan menggunakan kendaraan listrik sebagai sarana transportasinya.

Hal ini merujuk pada arahan Presiden Joko Widodo terkait penggunaan mobil listrik di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendukung green tourism dan percepatan program elektrifikasi nasional.

Dengan penggunaan kendaraan listrik di kawasan wisata, ia berharap seluruh pariwisata di Indonesia ke depannya bisa lebih ramah lingkungan sehingga lebih berkualitas.

Baca juga: Spesifikasi Mobil dan Motor Listrik untuk Pengawalan KTT GT20

Seremoni penyerahan puluhan unit mobil listrik Wuling Air ev pada Jusuf HamkaChristina Hartati Phan Seremoni penyerahan puluhan unit mobil listrik Wuling Air ev pada Jusuf Hamka

"Kita di G20 sudah mendorong penggunaan kendaraan listrik dan Bali kita targetkan 2030 untuk menggunakan kendaraan listrik," kata Sandiaga dari siaran Youtube Kemenparekraf dalam acara 'The Weekly Brief with SandiUno', Senin (19/9/2022)

Contoh lain, destinasi wisata di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan telah menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT). Kota ini bahkan dicanangkan sebagai kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau dan kota zero emission.


Diketahui, Kota Pagar Alam memiliki tiga pembangkit EBT, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Green Lahat dengan kapasitas 9,99 Megawatt, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai dengan kapasitas 55 Megawatt, dan PLTP Rantau Dedap dengan kapasitas 91,2 Megawatt.

Tidak sampai di sana, Kawasan Nusa Penida di Bali juga akan segera diarahkan untuk bisa menerapkan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Hybrid Lulus Uji Tipe, Siap Diluncurkan?

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) mengisi daya mobil listrik saat peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). Presiden Jokowi meresmikan SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk mengisi daya kendaraan listrik saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) mengisi daya mobil listrik saat peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). Presiden Jokowi meresmikan SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk mengisi daya kendaraan listrik saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Pemerintah Provinsi Bali bahkan juga sudah mulai menyiapkan rute untuk motor listrik di sekitar objek wisata, namun sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut.

"Ini tentunya juga sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia Instruksi Presiden nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai," kata Sandiaga.

"Jadi siap-siap kalau destinasi pariwisata, ganti mobil listrik. Karena ini tidak hanya ke Menterinya, tapi juga rangkaian kementerian harus menganggarkan untuk mengganti kendaraan kita jadi kendaraan berbasis baterai," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.