Kompas.com - 20/09/2022, 19:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran bus berskala internasional yakni Busworld akhirnya kembali ke Indonesia. Kali ini pameran akan berlangsung di JI Expo, Kemayoran, tanggal 5-7 Oktober 2022.

Sebelumnya, Busworld direncanakan berlangsung pada 2021. Namun saat itu, kondisi pandemi di Indonesia membuat GEM Indonesia menunda pameran sampai 2022.

Hadirnya Busworld juga disambut positif para pelaku bisnis bus di Indonesia. Apalagi adanya infrastruktur jalan sudah mulai membaik dengan adanya jalan tol lintas daerah.

Baca juga: PO Akas Mila Tambah Empat Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawasKompas.com/Setyo Adi Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas

Baki Lee, Director GEM Indonesia mengatakan, hadirnya Busworld jadi ajang unjuk gigi produsen bus di Indonesia.

"Busworld sendiri adalah pameran bus skala internasional terbesar di dunia, khusus bus. Ini memang untuk ajang unjuk gigi bagi produsen bus," ucap Baki di acara press conference Busworld, Selasa (20/9/2022).

Pada pameran kali ini, pengembangan ekosistem kendaraan listrik jadi salah satu fokus pemerintah. Tujuannya tentu untuk mengurangi emisi dan efek rumah kaca, menjadikan lingkungan lebih hijau.

Baca juga: Polisi Incar Moge Bodong, Diberi Waktu 7 Hari buat Melapor

Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawasKompas.com/Setyo Adi Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas

Bisa dilihat, bus dalam kota dan Bus Rapid Transit (BRT) saat ini mulai menggunakan model listrik berbasis baterai. Contohnya seperti di Transjakarta yang sudah mengoperasikan 30 bus listrik.

GEM Indonesia bersama dengan Busworld International yang berpusat di Belgia menghadirkan kembali pameran bus terbesar di Asia Tenggara. Beberapa karoseri nasional maupun perusahaan bus dari luar turut serta.

Misalnya ada Adiputro, Laksana, New Armada, dan Tentrem. Sedangkan perusahaan dari luar yakni Zhongtong dan Golden Dragon siap meramaikan dengan membawa produk unggulannya.

Serta tidak ketinggalan komponen pendukung bus baik dari dalam maupun luar negeri juga ikut meramaikan pada Oktober nanti.

Busworld Southeast Asia 2022 akan memberikan berbagai kejutan kepada seluruh pengunjung. Para peserta pameran akan meluncurkan produk terbaru mereka, baik bus listrik, bus premium, bus pariwisata, dan sebagainya.

Selain pameran, ada juga Busworld SEA 2022 Conference akan dilaksanakan bersamaan selama dua hari. Konferensi tersebut mempunya tema “ADAPTASI SISTEM BUS UNTUK SETELAH ERA PANDEMI” dan “IMPLEMENTASI BUS NOL EMISI DI ASIA TENGGARA”.

Selain itu, pihak panitia akan mengadakan malam penganugerahan untuk The Most Fovourite Bus dan The Most Innovative Bus dari Pilihan Para Pengunjung. Bagi yang mau daatang, bisa daftar langsung ke www.busworldsoutheastasia.or dan tidak dipungut biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.