Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busworld Segera Hadir di Jakarta, Tanggal 5-7 Oktober 2022

Kompas.com - 20/09/2022, 19:27 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran bus berskala internasional yakni Busworld akhirnya kembali ke Indonesia. Kali ini pameran akan berlangsung di JI Expo, Kemayoran, tanggal 5-7 Oktober 2022.

Sebelumnya, Busworld direncanakan berlangsung pada 2021. Namun saat itu, kondisi pandemi di Indonesia membuat GEM Indonesia menunda pameran sampai 2022.

Hadirnya Busworld juga disambut positif para pelaku bisnis bus di Indonesia. Apalagi adanya infrastruktur jalan sudah mulai membaik dengan adanya jalan tol lintas daerah.

Baca juga: PO Akas Mila Tambah Empat Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawasKompas.com/Setyo Adi Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas

Baki Lee, Director GEM Indonesia mengatakan, hadirnya Busworld jadi ajang unjuk gigi produsen bus di Indonesia.

"Busworld sendiri adalah pameran bus skala internasional terbesar di dunia, khusus bus. Ini memang untuk ajang unjuk gigi bagi produsen bus," ucap Baki di acara press conference Busworld, Selasa (20/9/2022).

Pada pameran kali ini, pengembangan ekosistem kendaraan listrik jadi salah satu fokus pemerintah. Tujuannya tentu untuk mengurangi emisi dan efek rumah kaca, menjadikan lingkungan lebih hijau.

Baca juga: Polisi Incar Moge Bodong, Diberi Waktu 7 Hari buat Melapor

Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawasKompas.com/Setyo Adi Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas

Bisa dilihat, bus dalam kota dan Bus Rapid Transit (BRT) saat ini mulai menggunakan model listrik berbasis baterai. Contohnya seperti di Transjakarta yang sudah mengoperasikan 30 bus listrik.

GEM Indonesia bersama dengan Busworld International yang berpusat di Belgia menghadirkan kembali pameran bus terbesar di Asia Tenggara. Beberapa karoseri nasional maupun perusahaan bus dari luar turut serta.

Misalnya ada Adiputro, Laksana, New Armada, dan Tentrem. Sedangkan perusahaan dari luar yakni Zhongtong dan Golden Dragon siap meramaikan dengan membawa produk unggulannya.

Serta tidak ketinggalan komponen pendukung bus baik dari dalam maupun luar negeri juga ikut meramaikan pada Oktober nanti.

Busworld Southeast Asia 2022 akan memberikan berbagai kejutan kepada seluruh pengunjung. Para peserta pameran akan meluncurkan produk terbaru mereka, baik bus listrik, bus premium, bus pariwisata, dan sebagainya.

Selain pameran, ada juga Busworld SEA 2022 Conference akan dilaksanakan bersamaan selama dua hari. Konferensi tersebut mempunya tema “ADAPTASI SISTEM BUS UNTUK SETELAH ERA PANDEMI” dan “IMPLEMENTASI BUS NOL EMISI DI ASIA TENGGARA”.

Selain itu, pihak panitia akan mengadakan malam penganugerahan untuk The Most Fovourite Bus dan The Most Innovative Bus dari Pilihan Para Pengunjung. Bagi yang mau daatang, bisa daftar langsung ke www.busworldsoutheastasia.or dan tidak dipungut biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com