Demo Kenaikan Harga BBM di 3 Titik, Polisi Siagakan 8.350 Personel

Kompas.com - 09/09/2022, 13:16 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comPolda Metro Jaya menyiagakan sedikitnya 8.350 personel pengamanan untuk aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar 34 persen, yang tersebar di tiga titik pada hari ini, Jumat (9/9/2022) siang.

Tiga titik tersebut mencangkup kawasan Gedung DPR/MPR RI, Patung Kuda dan Istana Merdeka, serta kantor LBH Menteng, Jakarta Pusat.

"Hari ini sesuai pemberitahuan ada beberapa kelompok elemen masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait BBM di DPR/MPR, Patung Kuda (termasuk Istana Merdeka), dan LBH," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jumat.

Baca juga: Intip Deretan Koleksi Mobil Ratu Elizabeth II, Sangat Nasionalis

Massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tiba di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, untuk berdemonstrasi menolak kenaikan harga BBM, Kamis (8/9/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tiba di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, untuk berdemonstrasi menolak kenaikan harga BBM, Kamis (8/9/2022).

Beberapa elemen masyarakat dimaksud ialah komunitas ojek online (ojol) dan sejumlah mahasiswa, dengan membawa tuntutan atau tujuan sama yaitu agar BBM tidak dinaikkan.

Kemudian diakui Zulpan ada juga elemen masyarkat yang tidak memberitahu petugas. Sehingga berbagai langkah antisipatif diambil guna kelancaran kegiatan terkait seperti merekayasa lalu lintas.

"Untuk perkuatan pengamanan kita turunkan sebanyak 8.350 personel," kata dia.

Meski ada rekayasa lalu lintas, Zulpan memastikan tidak ada penutupan ruas jalan selama demo berlangsung. Sehingga diharapkan masyarakat yang hendak beraktifitas di sekitarnya tidak terhambat.

Adapun rekayasa lalu lintasnya, bersifat situasional alias tergantung kondisi di lapangan. Lebih jauh, berikut rekayasanya;

Baca juga: Cara Aman Ganti Ban Cadangan Sendiri Saat Bermasalah di Jalan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

 

Rekayasa lalu lintas di wilayah Istana Merdeka Jakarta;

1. Arus lalu lintas yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.