Kompas.com - 09/09/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa jenis aki atau baterai mobil di pasaran, salah satu yang digemari masyarakat adalah aki bebas perawatan. Pada jenis ini, pemilik mobil tidak diperlukan lagi mengecek air aki.

Jika diamati, aki jenis ini ada yang masih menggunakan air aki, hanya saja lubang pengisiannya ditutup sehingga meninggalkan kesan bebas perawatan. Tutup tersebut juga mudah untuk dibuka, jadi berpotensi ditambah air oleh pemilik kendaraan.

Lantas, apakah boleh menambah air aki pada aki bebas perawatan?

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Air Aki?

Aki MobilKompas.com Aki Mobil

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan aki bebas perawatan tidak selalu berjenis aki kering, masih ada yang menggunakan air aki sebagai zat penyimpan listrik.

“Bisa, tapi tidak boleh, sebenarnya aki bebas perawatan bukan berarti kering, aki ini tetap ada airnya, tapi tidak boleh ditambah. Karena di tutup bagian atas itu ada seal yg ngunci biar air yg di dalam aki tidak bisa menguap, akhirnya airnya tidak bakal kurang,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022)

Dia mengatakan penambahan air aki pada aki bebas perawatan akan membuka saluran pengisian yang bisa membuat air aki menguap.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air AC Bagus untuk Menambah Air Aki?

Jumper aki mobilMMKSI Jumper aki mobil

Aki bebas perawatan yang airnya ditambah maka segel sealnya sudah pasti rusak, kalau sudah seperti itu tidak ada lagi keistimewaan aki bebas perawatan, pemilik kendaraan harus selalu nambah selayaknya aki basah,” ucap Alfiyan.

Jadi, aki bebas perawatan sengaja ditutup lubang pengisiannya agar tidak terjadi penguapan, hal itu yang membuat aki bebas perawatan istimewa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.