Kompas.com - 09/09/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu kekhawatiran pemilik mobil adalah ban yang pecah atau kempis saat perjalanan.

Kondisi tersebut bisa terjadi tanpa diduga, dan tak sedikit pemilik mobil yang belum paham cara ganti ban sendiri yang benar.

Padahal, hal ini wajib dipahami sebagai bentuk kemampuan dalam mengatasi keadaan darurat saat perjalanan.

Baca juga: Dampak Buruk Ban Mobil Jika Dibiarkan Kempis

Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia Aan Nugroho mengatakan, walau dianggap remeh, kemampuan dasar ganti ban wajib dikuasai. 

"Tata cara dongkrak dan melepas baut roda juga harus dipahami, biar siap menghadapi keadaan darurat yang minim pertolongan," kata Aan, kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022) 

Alur ganti ban sendiri cukup mudah, yaitu: 

  • Tenang

Ilustrasi mengemudi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mengemudi.

Kunci utama sebelum melangkah lebih jauh, tak boleh gugup atau panik walau ban pecah dalam kecepatan tinggi. Berhenti perlahan, jangan langsung injak rem mendadak, handling mobil bisa gagal dikendalikan. 

Berhenti di bahu jalan sambil pastikan keadaan sekitar aman. Setelah itu, pasang rambu segitiga pengaman, dalam radius sekitar 80 meter.  

Tata cara dongkrak harus dipahami, ganti ban lebih mudah dan amanDicky Aditya Wijaya Tata cara dongkrak harus dipahami, ganti ban lebih mudah dan aman

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.