Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Transmisi Matik Mogok Jangan Asal Didorong

Kompas.com - 09/09/2022, 13:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anggapan saat mogok mobil dengan transmisi otomatik tidak bisa asal didorong atau diderek. Sebab jika asal atau dipaksa didorong, komponen transmisi matik pada mobil bisa rusak.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, mobil matik memiliki komponen mesin yang hanya bekerja saat mesin dalam keadaan hidup.

Baca juga: Kupas Cara Kerja SmartSense Hyundai Stargazer

"Kalau mobil manual, di transmisi itu sistem pelumasan olinya itu model gigi, cipratan. Kalau di matik, itu pakai pompa. Jadi kalau mesinnya enggak nyala, maka pompanya enggak jalan," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Polisi dan warga mendorong mobil yang mogok di jalur wisatawan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Polisi dan warga mendorong mobil yang mogok di jalur wisatawan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).

Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang Mohammad Syafruddin menjelaskan, mendorong mobil matik boleh saja dilakukan, termasuk melakukan derek. Tapi yang perlu diperhatikan adalah soal jarak dan kecepatannya.

"Boleh ditarik menggunakan rantai, asal tidak lebih dari jarak 80 kilometer (km) dan kecepatan di bawah 30 km per jam (kpj)," katanya, kepada Kompas.com, beberapa waktu sebelumnya.

Lebih dari jarak tersebut, kata Syafruddin tidak dianjurkan karena mekanisme gerak kopling fluida tidak bisa terkontrol.

Baca juga: Cara Paling Aman Parkir Mobil Matik di Tanjakan

Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi 
tuas gigi saat mesin mobil matiDicky Aditya Wijaya Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi tuas gigi saat mesin mobil mati

"Mekanisme kopling fluida itu bergerak searah sehingga jika planetary gear unit yang ada di transmisi matik dipaksa berputar tapi mesin mati bisa slag," kata Syafruddin.

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana, mengatakan, mendorong mobil matik mogok caranya berbeda karena posisi tuas selain di N (netral) juga menggunakan fungsi tombol shift lock.

Boleh saja di dorong tetapi pencet tombol shift lock pindahkan transmisi ke N (netral). Kalau aki tekor, harus di jumper tidak bisa di dorong," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com