Banyak Makan Korban Pengguna Kendaraan, Pelintasan Sebidang Mesti Ditutup

Kompas.com - 09/09/2022, 12:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian Kecelakaan kereta api dengan pengguna jalan lain di perlintasan sebidang masih sering terjadi, yaitu pada pelintasan yang tidak dijaga resmi alias perlintasan ilegal.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum mengatakan, pelintasan sebidang membuat risiko kecelakaan tambah besar sebab sebetulnya perlintasan ilegal tidak boleh dilintasi oleh kendaraan bermotor dan pengguna jalan lain.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Tidak Lurus Saat Parkir Bikin Power Steering Rusak?

Alasannya karena pelintasan sebidang tidak memiliki alat bantu keamanan bagi para pengguna jalan, seperti sinyal, suara, pintu perlintasan dan sebagainya.

"Cukup beresiko bagi pengguna jalan yang manfaatkan pelintasan sebidang ilegal dengan alasan mencari jalan pintas," kata Budiyanto dalam keterangan resmi, Jumat (9/9/2022).

Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Raya Rawa Geni, Cipayung, Depok, ditutup permanen.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Raya Rawa Geni, Cipayung, Depok, ditutup permanen.

Budiyanto mengatakan, banyaknya pelintasan sebidang tak lepas dari populasi pertambahan pendududuk dan pembangunan properti.

Ini terjadi kata Budiyanto, karena kurangnya disiplin para pengembang yang berkepentingan dan lemahnya pengawasan pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dibidangnya.

Baca juga: Ada Demo, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana

"Kelemahan ini mendorong masyarakat coba- coba membuka jalan di perlintasan KA dengan alasan yang sangat subyektif mengambil jalan pintas dan cepat dengan mengabaikan faktor keselamatan," kata dia.

"Padahal aturan atau regulasi yang mengatur tentang perlintasan sebidang sudah cukup memadai termasuk sanksi bila terjadi tertemper atau kecelakaan di perlintasan KA dan jalan," kata dia.

Imbas kecelakaan kereta menabrak mobil di palang pintu manual perlintasan sebidang, di jalan Rawa Geni, Ratu Jaya, Cipayung, Depok, ditutup permanen oleh PT KAI, pada Rabu (20/4/2022).M Chaerul Halim Imbas kecelakaan kereta menabrak mobil di palang pintu manual perlintasan sebidang, di jalan Rawa Geni, Ratu Jaya, Cipayung, Depok, ditutup permanen oleh PT KAI, pada Rabu (20/4/2022).

Beberapa aturan soal perlintasan sebidang yaitu:

Undang - Undang No 23 tahun 2007

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.