Kompas.com - 26/08/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, sebagian pemilik kendaraan resah dengan isu kenaikan harga BBM jenis Pertalite. Memang, sampai saat ini belum ada lampu hijau Pertalite jadi naik harganya atau tidak.

Untuk menyiasati kenaikan harga BBM, pemilik mobil mulai sekarang harus tahu bagaimana cara menghemat bahan bakar. Jadi walaupun ada perubahan harga, setidaknya bisa lebih jarang membeli karena sudah hemat.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi efisiensi penggunaan BBM.

Baca juga: Banyak Sopir Truk yang Mengikuti Latihan Mengemudi di Fasilitas Hino

Foto: Antrian kendaraan bermotor mengisi BBM Solar di lokasi SPBU di Jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Rabu (24/8/2022).KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI Foto: Antrian kendaraan bermotor mengisi BBM Solar di lokasi SPBU di Jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Rabu (24/8/2022).

Namun secara sederhana, cara untuk menghemat BBM bisa dibagi jadi tiga. Pertama adalah mengubah gaya berkendara, lalu memerhatikan barang bawaan, terakhir kurangi kebiasaan membuka jendela saat mobil berjalan.

Untuk mobil yang punya mode eco, bisa dimanfaatkan dengan baik. Biasanya, mode tersebut menjaga mobil tetap berada di mode yang lebih hemat dari normal, sehingga bisa lebih hemat.

"Mobil sekarang banyak yang dilengkapi dengan indikator eco, dengan mengikuti indikator tersebut membuat BBM lebih irit," ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mengenal Fungsi Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Kemudian soal barang bawaan, perhatikan beratnya dan juga penempatan. Hentikan kebiasaan menaruh barang di atap karena mengganggu aerodinamika kendaraan.

"Tentunya beban atau muatan mempengaruhi juga, termasuk membawa barang di atas atap juga bisa mempengaruhi coefficient of drag atau melawan angin," ucap Didi.

Terakhir, kebiasaan membuka jendela saat mobil sedang melaju juga bisa mempengaruhi laju kendaraan, berimbas pada penggunaan BBM yang cenderung jadi lebih boros.

"Membuka jendela juga bisa mempengaruhi, karena angin akan masuk dan menahan laju kendaraan," ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.