Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Harga BBM Mau Naik, Begini Cara Mengemudi Lebih Hemat Bahan Bakar

Kompas.com - 26/08/2022, 07:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, sebagian pemilik kendaraan resah dengan isu kenaikan harga BBM jenis Pertalite. Memang, sampai saat ini belum ada lampu hijau Pertalite jadi naik harganya atau tidak.

Untuk menyiasati kenaikan harga BBM, pemilik mobil mulai sekarang harus tahu bagaimana cara menghemat bahan bakar. Jadi walaupun ada perubahan harga, setidaknya bisa lebih jarang membeli karena sudah hemat.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi efisiensi penggunaan BBM.

Baca juga: Banyak Sopir Truk yang Mengikuti Latihan Mengemudi di Fasilitas Hino

Foto: Antrian kendaraan bermotor mengisi BBM Solar di lokasi SPBU di Jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Rabu (24/8/2022).KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI Foto: Antrian kendaraan bermotor mengisi BBM Solar di lokasi SPBU di Jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Rabu (24/8/2022).

Namun secara sederhana, cara untuk menghemat BBM bisa dibagi jadi tiga. Pertama adalah mengubah gaya berkendara, lalu memerhatikan barang bawaan, terakhir kurangi kebiasaan membuka jendela saat mobil berjalan.

Untuk mobil yang punya mode eco, bisa dimanfaatkan dengan baik. Biasanya, mode tersebut menjaga mobil tetap berada di mode yang lebih hemat dari normal, sehingga bisa lebih hemat.

"Mobil sekarang banyak yang dilengkapi dengan indikator eco, dengan mengikuti indikator tersebut membuat BBM lebih irit," ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mengenal Fungsi Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Kemudian soal barang bawaan, perhatikan beratnya dan juga penempatan. Hentikan kebiasaan menaruh barang di atap karena mengganggu aerodinamika kendaraan.

"Tentunya beban atau muatan mempengaruhi juga, termasuk membawa barang di atas atap juga bisa mempengaruhi coefficient of drag atau melawan angin," ucap Didi.

Terakhir, kebiasaan membuka jendela saat mobil sedang melaju juga bisa mempengaruhi laju kendaraan, berimbas pada penggunaan BBM yang cenderung jadi lebih boros.

"Membuka jendela juga bisa mempengaruhi, karena angin akan masuk dan menahan laju kendaraan," ucap Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com