Kompas.com - 19/08/2022, 19:22 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Sejumlah sajian menarik dihadirkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung selama 11-21 Agustus 2022 di Indonesia Convention Center (ICE) BSD City, Tangerang.

Satu di antaranya, ialah kehadiran mobil juara umum rally Danau Toba tahun ini yang berbasis GR Yaris di booth Toyota Indonesia. Sontak, para pengunjung di pameran langsung meramaikannya meski ada suatu pembatas.

Memang secara keseluruhan spesifikasinya tidak banyak berbeda dari varian yang sempat dipasarkan secara terbatas di Indonesia. Tetapi, pada beberapa bagian ada penyesuaian sebagaimana regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4).

Baca juga: Cerita Truk Kepala Hijau Dominasi Segmen Komersial di Indonesia

Toyota GR Yaris AP4 di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Toyota GR Yaris AP4 di GIIAS 2022

Penyesuaian ini, meliputi stabilitas, kecepatan, aerodinamis, dan daya tahan. Sebagai contoh, berat minimum hanya 1.230 kilogram sehingga membuat kap mesin, pintu bagasi, sampai fender dibuat menggunakan bahan fiberglass.

Kemudian pada sektor bemper, sebagian kap mesin, sampai atapnya memakai serat karbon agar bobot menjadi ringan. Pun demikian dengan spion yang telah disesuaikan menggunakan 3D printing.

Meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif.

Baca juga: Pemilik Mobil Baru Wajib Tahu 5 Tips Merawat Kendaraan biar Awet

Toyota GR Yaris AP4KOMPAS.com/Ruly Toyota GR Yaris AP4

Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan rally, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik. Sementara pada bagian kaca depan, memakai bahan akrilik agar tambah ringan.

Pada bagian belakang, spoiler atap dan diffuser besar berbahan serat karbon juga ditambahkan untuk meningkatkan downforce. Jadi, ketika di trek lurus tidak berguncang berlebih.

Sektor kabin juga sangat berubah yang disesuaikan agar pengemudi dan sang navigator aman saat berlaga. Setir, transmisi, sampai panel meter pun berubah agar memudahkan pengemudian ketika rally.

Baca juga: Beli Hyundai Stargazer di GIIAS 2022, Cicilan Mulai Rp 2,4 Jutaan

Secara umum, semua mekanisme pengendalian manual sehingga pengemudi bisa bebas untuk melaju sesuai medan maupun kebutuhannya.

Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum dua bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 ke bagian depan dan belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.