Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 19:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 tidak hanya didatangi oleh mereka yang berencana membeli kendaraan saja.

Sejumlah remaja tanggung memenuhi stan-stan pabrikan otomotif di ICE BSD City untuk mengikuti simulator racing alias balap menggunakan konsol elektronik.

Hal ini bisa terlihat dari booth merek otomotif yang menjajakan simulator racing demi menarik minat para pengunjung.

Baca juga: Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia, Apakah Sudah Lolos Uji Tipe?

Ilustrasi simulator racing di booth Honda pada ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi simulator racing di booth Honda pada ajang GIIAS 2022

Mereka yang ikut memang tidak hanya dari kalangan remaja, sejumlah dewasa atau anak kecil tak jarang mengantre di sekitar sana.

Tercatat ada empat balap simulator yang bisa dicoba para pengunjung GIIAS 2022. Mulai dari stan Honda di Hall 1, lalu stan Mitsubishi di Hall 3, stan Djarum di Convention Hall, serta stan UI Racing Team di Hall 9.

Di stan UI Racing Team misalnya, pengunjung bisa merasakan balap di Sirkuit Ancol yang baru saja digunakan untuk ajang Formula E Jakarta beberapa bulan lalu.

Baca juga: Diskon Mobil Hybrid di GIIAS 2022, Kicks e-Power Tembus Rp 60 Juta

Mobil yang digunakan merupakan kendaraan prototipe yang dibangun anak-anak Fakultas Teknik UI. Namun sayang tidak ada hadiah menggiurkan dari booth ini bagi para pemenang.

Berlanjut ke booth Mitsubishi, di sini pengunjung bakal merasakan simulator racing menggunakan mobil double cabin Mitsubishi Triton.

Lokasi balap memang tidak spesifik berada di suatu sirkuit atau negara, namun rutenya mengkombinasikan jalur offroad dan aspal.

Baca juga: Toyota Minta Diler Menolak Pemesanan Land Cruiser

Ilustrasi simulator racing di booth Mitsubishi pada ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi simulator racing di booth Mitsubishi pada ajang GIIAS 2022

Para pengunjung pun harus mengalahkan rekor yang dibuat Rifat Sungkar dengan waktu 1 menit 40,564 detik. Dan menariknya, rekor tersebut sudah pecah oleh seseorang Bernama Raira B yang bisa meraih waktu 1 menit 40,062 detik pada Jumat (19/8/2022).

Balap simulator kemudian juga ada di booth Honda, yang jadi salah satu stan paling penuh dengan peserta balap virtual ini.

Bisa dibilang simulator racing di Honda paling serius memberikan pengalaman selayaknya di sirkuit, lewat persaingan para pesertanya. Pasalnya, mereka yang ikut juga banyak yang memiliki background pebalap virtual.

Baca juga: Truk Brimob Harga Rp 1 Miliar, Tarik Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Ilustrasi simulator racing di booth UI Racing Team pada ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi simulator racing di booth UI Racing Team pada ajang GIIAS 2022

Sementara itu, balap simulator Honda mengambil lokasi Sirkuit Zandvoort di Belanda, dan menggunakan City Hatchback. Adapun rekor simulator Honda di GIIAS 2022 diraih oleh Afi Ihsanul yang meraih 1 menit 26,464 detik.

Terakhir, simulator racing juga ada di booth Djarum. Mungkin balap virtual di sini jadi yang paling menggiurkan karena ada hadiah Rp 500.000 tiap harinya bagi juara pertama, dan Apple iPad Mini buat yang mendapat rekor tercepat selama penyelenggaraan GIIAS 2022.

Head Trainer P1 Academy Digital Motorsport Indonesia (P1 ADMI) Alvin Bahar, mengatakan, bahwa simulator balap dan balap mobil di video game tidak bisa disamakan.

Simulator balap itu mensimulasikan balap mobil di dunia nyata ke dunia virtual. Jadi, seluruh spesifikasi dan software yang digunakan juga sudah mendekati real,” ujar Alvin, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com