Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sebagai tempat peluncuran New Baleno hatchback.

Mobil ini langsung dipasarkan dan ditawarkan juga pada para pengunjung yang ingin mencoba langsung New Baleno. Tim Kompas.com juga tidak mau ketinggalan untuk merasakan hatchback terbaru ini.

Pasalnya, cukup banyak ubahan yang diberikan oleh Suzuki pada New Baleno dibanding model sebelumya. Secara generasi, Baleno masih sama dengan yang sebelumnya, tapi ubahannya cukup banyak.

Baca juga: New Baleno, Modal Suzuki Bersaing di Segmen Hatchback

Dari eksterior, interior, hingga fitur yang disematkan mengalami ubahan. Bahkan, dapur pacunya juga berubah, kali ini menggunakan K15B.

Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022

Mesin tersebut sama seperti yang digunakan oleh All New Ertiga. Tentunya, sensasi berkendara yang dihasilkan akan berbeda, karena dimensi kedua mobil juga berbeda sangat jauh.

Saat masuk ke kabin New Baleno, nuansa elegan ditampilkan melalui dasbornya dengan warna hitam, dan biru dongker, serta sedikit aksen silver.

Namun, yang cukup mengagumkan adalah kursinya yang dirasa cukup empuk, khususnya pada bagian backrest atau sandaran punggung.

Baca juga: Suzuki Bicara Soal New Baleno Hybrid

Posisi berkendara yang ergonomis pada New Baleno juga tidak sulit untuk ditemukan. Sebab, kursinya sudah bisa diatur maju dan mundur serta naik dan turun. Meskipun, pengaturannya masih manual.

Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022

Dari posisi berkendara, mobil ini menawarkan kenyamanan yang cukup baik. Visibilitas serta jangkauan ke tombol-tombol yang ada di head unit maupun konsol tengah juga dirasa tidak ada kendala.

Namun, perlu diketahui bahwa area test drive di GIIAS 2022 yang digelar di ICE BSD cukup terbatas. Tapi, setidaknya tim Kompas.com sudah bisa mendapatkan impresi berkendara dengan New Baleno.

Soal suspensi, New Baleno memberikan rasa berkendara yang masih nyaman. Meskipun, saat pengetesan, Kompas.com hanya mengendarainya sendirian dengan penguji berpostur 157 cm dan bobot 60 kg.

Mesin Suzuki Baleno Hatchback facelift dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Suzuki New Baleno hadir dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk transmisi manual, dibanderol Rp 262,9 juta (OTR Jakarta). Sementara transmisi matik, harganya Rp 274,9 juta (OTR Jakarta).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mesin Suzuki Baleno Hatchback facelift dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Suzuki New Baleno hadir dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk transmisi manual, dibanderol Rp 262,9 juta (OTR Jakarta). Sementara transmisi matik, harganya Rp 274,9 juta (OTR Jakarta).

Radius putar setirnya juga tidak terlalu kecil. Sehingga, bisa dikatakan mobil ini masih cukup lincah untuk diajak bermanuver. Apalagi, memang New Baleno hadir juga untuk mengisi segmen city car.

Terkait performa, tenaga di putaran bahwa terasa cukup baik. Akselerasi yang dihasilkan mesin K15B masih cukup responsif. Namun, untuk performa di putaran menengah hingga ke atas, perlu pengujian di trek yang lebih panjang.

Interior Suzuki Baleno Hatchback facelift dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Suzuki New Baleno hadir dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk transmisi manual, dibanderol Rp 262,9 juta (OTR Jakarta). Sementara transmisi matik, harganya Rp 274,9 juta (OTR Jakarta).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Interior Suzuki Baleno Hatchback facelift dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Suzuki New Baleno hadir dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk transmisi manual, dibanderol Rp 262,9 juta (OTR Jakarta). Sementara transmisi matik, harganya Rp 274,9 juta (OTR Jakarta).

Tapi, untuk kesan pertama yang dirasakan dari New Baleno, mobil ini memang cocok untuk digunakan di perkotaan. Selain memberikan kenyamanan yang cukup baik, mobil ini juga cukup lincah dah tarikan bawahnya terasa bertenaga.

Suzuki New Baleno hatchback hadir dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk tipe manual, New Baleno dibanderol Rp 262,9 juta (OTR Jakarta). Sedangkan untuk tipe matik, harganya Rp 274,9 juta (OTR Jakarta).

Pengunjung GIIAS 2022 masih bisa mencoba hatchback terbaru Suzuki ini hingga 21 Agustus 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com