Kompas.com - 15/08/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau tidak sedap di dalam kabin bisa terjadi kapan saja dan dari sumber mana saja. Hanya saja, sebagian besar sumber bau adalah dari AC mobil. Hal itu bisa terjadi lantaran udara di dalam kabin selalu bersirkulasi ketika AC bekerja.

Selain itu, bau yang tidak sedap dari AC akan diterima oleh penumpang secara langsung karena udara diembuskan menggunakan blower ke arah penumpang. Hal itu membuat bau yang tidak sedap dari AC akan mudah terdeteksi.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan penyebab AC mobil bau bisa dari banyak hal, secara umum sih ada di filter kabin.

Baca juga: Cara Bikin Usia AC Mobil Lebih Awet

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

“Jika filter kabin kotor, maka angin yang diembuskan akan beraroma apek, tentu itu membuat penumpang tidak nyaman,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan jika filter kabin dikotori oleh debu-debu saja bisa menimbulkan bau apek, terlebih lagi di filter tersebut ada kotoran lain yang mudah membusuk seperti benda asing.

“Bisa saja ada bangkai cicak, tikus dan sejenisnya, itu pasti bisa menyebabkan AC bau tidak sedap dan sangat mengganggu,” ucap Agus.

Baca juga: Mengenal Fungsi Sight Glass pada AC Mobil

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Dia mengatakan beberapa kali sempat menjumpai ada benda asing yang menempel di filter kabin. Mulai dari bangkai, sisa makanan dan sejenisnya.

“Untuk mencegah bau tidak sedap di dalam kabin, usahakan untuk jangan makan makanan di dalam kabin, khususnya makanan yang memiliki bau tajam seperti durian, bawang dan sejenisnya,” ucap Agus.

Dia juga mengatakan asap rokok juga bisa menyebabkan AC mobil bau karena asap rokok cenderung menempel di filter kabin.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Mengganti Drier AC Mobil?

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Perlu diketahui, filter kabin terletak di dekat evaporator. Komponen ini bertugas menyaring udara sejuk sebelum diembuskan ke dalam kabin. Maka dari itu wajar saja jika filter kabin sangat sensitif, ada kotoran sedikit saja bisa menyebabkan bau pada seluruh kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.