Kompas.com - 15/08/2022, 12:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) mulai menunjukkan dukungannya terhadap program pemerintah dengan meluncurkan kendaraan elektrifikasi, yakni Sorento HEV.

Sorento generasi terbaru ini sudah mengadopsi teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV). KIA meluncurkannya pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Baca juga: All New Kia Carens Meluncur di GIIAS 2022, Termurah Rp 389 Juta

Sebelumnya, Sorento mengandalkan mesin diesel. Untuk generasi terbaru ini, Sorento sudah menggunakan mesin bensin dengan kombinasi motor elektrik yang dibekali baterai berkapasitas 14 kWh.

Kia Sorento HEVKompas.com/Janlika Kia Sorento HEV

Sorento sendiri masih menggunakan basis yang sama dengan Santa Fe. Mobil tersebut sudah duluan dipasarkan di Indonesia dengan pilihan mesin bensin dan diesel.

Pada Sorento HEV, Kia membekalinya dengan mesin Smartstream, G1.6, CVVD, 4-silinder segaris, dengan kapasitas 1.6 L, yang dilengkapi dengan turbocharger. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 176,5 tk dan torsi 264 Nm.

Baca juga: Kia Pamerkan 3 Mobil Listrik di GIIAS 2022

Sementara motor elektriknya, mampu menghasilkan tenaga hingga 44 kW atau setara dengan 59 tk. Jika digabungkan, Sorento HEV dapat mengeluarkan tenaga hingga 226,8 tk dan torsi 350 Nm. Tenaganya disalurkan ke roda depan menggunakan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

Kia Sorento HEVKompas.com/Janlika Kia Sorento HEV

Desain eksteriornya memberikan kesan kendaraan yang gagah. Bagian depannya masih memiliki identitas Kia dengan grille yang besar yang disebut dengan Tiger Nose.

Untuk sistem penerangan, Sorento HEV sudah mengandalkan Dual Projection LED dengan High Beam Assist dan DRL. Selain itu, terdapat juga lampu kabut yang sudah berteknologi LED.

Pada bagian roda, Sorento HEV dibekali pelek berukuran 19 inci dengan model dual tone. Lampu belakangnya cukup ikonik dengan bentuk dua kotak vertikal dan tentunya sudah LED.

Bagian interior juga dibuat mewah dengan panel panjang yang dihiasi panel instrumen digital berukuran 12,3 inci, serta head unit layar sentuh berukuran sama. Untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang, Sorento HEV juga sudah dilengkapi dengan 12 speaker dari Bose Premium Sound System.

Baca juga: Kia Sportage Hadir di GIIAS 2022, Dijual Rp 735 Juta Inden 6 Bulan

Kia Sorento HEVKompas.com/Adityo Kia Sorento HEV

Sedikit berbeda dari SUV lainnya yang memiliki konfigurasi tujuh penumpang. Pada Sorento HEV, baris keduanya menggunakan kursi model captain seat. Sehingga, kapasitasnya hanya enam penumpang.

Soal fitur, Sorento HEV dilengkapi juga dengan Advance Driving Assist System (ADAS), seperti Smart Cruise Control, Lane Keep Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, dan lainnya.

Dengan berbagai kemewahan tersebut, KIA membanderol Sorento HEV dengan Rp 968 juta (OTR Jakarta). Harga tersebut setara dengan Hyundai Palisade yang berada satu segmen di atasnya. Palisade sendiri harganya mulai Rp 842 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 1,11 miliar (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.