Kompas.com - 15/08/2022, 11:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Untuk mendukung penjualan motor listrik, PT Federal International Finance (FIF) telah menyiapkan beberapa skema kredit untuk memudahkan konsumen.

Antony Sastro Jopoetro, Direktur Marketing PT Federal International Finance (FIF), mengatakan, pembiayaan motor listrik agak berbeda dengan motor konvensional yang menggunakan internal combustion engine.

Menurutnya, motor listrik punya isu pada daya tahan baterai. Dengan masih tingginya harga baterai, jadi hambatan sendiri buat konsumen untuk meminang motor listrik, terutama setelah pemakaian 5 tahun.

Baca juga: Bicara Status Daihatsu Ayla EV yang Curi Perhatian di GIIAS 2022

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

Untuk itu, FIF berencana memberikan asuransi baterai motor listrik, agar konsumen terbebas dari rasa khawatir.

“Jadi rencananya itu bahwa kita kredit tidak hanya motornya saja, termasuk baterainya. Dan untuk baterai ini, konsumen harus jadi member. Ada satu company lagi nanti, dia akan kelola member ini. Apabila baterai ini rusak diganti langsung, kayak asuransinya itu,” ucap Antony, kepada Kompas.com (13/8/2022).

Antony mengatakan, asuransi baterai motor listrik ini akan memberikan jaminan kerusakan pada baterai selama konsumen menjadi member.

Baca juga: Beli Wuling Air ev Gratis Biaya Instalasi Tambah Daya Listrik di Rumah

Asuransi ini baterainya saja, kalau motor tidak dihitung, tetap dari asuransi motor. Tapi kalau konsumen itu mau ikut jadi member, dia digaransi,” ucap Antony.

“Itu ada biayanya, tapi dia sekali bayar saja selesai. Nilainya saya belum bisa ngomong, enggak terlalu tinggi juga. Jadi enggak memberatkan, konsumen feel free,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.