Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Usia AC Mobil Lebih Awet

Kompas.com - 13/08/2022, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat penyejuk udara alias air conditioner (AC) pada kabin mobil, memiliki peran yang cukup penting. Namun agar bisa memberikan udara yang sehat dan sejuk, harus dipastikan AC dalam kondisi prima.

Penting diketahui, kadar polusi di perkotaan yang tinggi dan kotoran yang terbawa masuk ke kabin seperti debu dari sepatu atau sandal, juga kebiasaan kerap membuka jendela turut berkontribusi membuat sistem AC cepat kotor.

Bila kotoran hinggap di sistem AC dan dibiarkan dalam waktu lama, akan muncul bau kurang sedap. Bahkan berpotensi merusak komponen-komponen AC.

Penting diketahui, saat satu komponen AC bermasalah atau dibiarkan tak terawat, efeknya akan merembet ke komponen lainnya. Ujung-ujungnya sistem pendingin udara secara keseluruhan menjadi bermasalah, yang tentunya akan mengarah pada biaya perbaikan yang lebih besar.

Baca juga: Resmi Meluncur di GIIAS 2022, Stargazer Diklaim Tanpa Inden

Menurut Rohim, pemilik Sejuk AC Sukses yang juga authorized dealer AC DENSO mengatakan, baiknya pemilik mobil melakukan perawatan berkala untuk menghindari kerusakan sistem AC yang dapat habiskan biaya yang cukup besar.

AC MobilDenso AC Mobil

"Lebih baik melakukan perawatan rutin berkala, sehingga kita terhindar dari kerusakan menyeluruh yang biayanya cukup banyak," kata Rohim, dalam keterangan resminya, Sabtu (13/8/2022).

Menurut Rohim ada beberapa keuntungan saat konsumen atau pemilik mobil melakukan perawatan sistem AC secara berkala di bengkel resmi Denso. Salah satunya dapat membuat umur komponen lebih awet.

Dalam pengerjaan perawatan atau perbaikan, Sejuk AC Sukses sebagai authorized dealer Denso yang berlokasi di Jalan Joglo Raya, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, ditenagai para mekanik AC yang telah bersertifikasi. Jaminan komponen yang digunakan pun original.

"Bisa dipastikan komponen AC yang kami gunakan 100 persen asli Denso, kami juga menggaransi jasa servis dan spare parts selama 3 bulan," ujarnya.

Baca juga: Wuling Klaim Pemesanan Air ev Tembus 1.500 Unit

Menyambut momen kemerdekaan RI ke-77, Rohim menawarkan promo menarik bagi pemilik mobil yang akan melakukan perawatan, yakni diskon jasa 5 persen dan spare part 5 persen, yang berlaku untuk servis berkala di kategori light service dan heavy service.

AC MobilDenso AC Mobil

Berikut paket perawatan berkala AC Denso ;

- Fresh Service : Perawatan ringan dengan pekerjaan penggantian filter kabin dan pembersihan blower depan. Fresh service bisa dilakukan pada 6 bulan pertama atau jarak tempuh mencapai 10.000 km, kemudian diulang lagi pada bulan ke-18 atau jarak tempuh sudah mencapai 30.000 km.

- Light Service : Termasuk pekerjaan Light Service meliputi menu Fresh Service ditambah dengan vacuum, tambah oli dan freon, penggantian dryer dan pembersihan condenser. Pekerjaan Light Service ini dianjurkan dilakukan setiap 12 bulan sekali atau setiap 20.000 km.

- Heavy Service : Terdiri dari menu Light Service ditambah dengan pekerjaan penggantian expansion valve depan dan valve belakang, serta pembersihan evaporator. Heavy Service dianjurkan dilakukan tiap 24 bulan sekali atau jarak tempuh 40.000 km.

- Clevering : Semacam cartridge yang berisi uap yang fungsinya untuk mengeliminasi bakteri dan virus sekaligus menghilangkan baru. Untuk jasa Cleverin bisa dilakukan 6 bulan sekali.

- Flushing Service : Pekerjaan Flushing Service yang terdiri dari pembersihan saluran sirkulasi, penggantian oli kompresor serta penggantian freon. Pekerjaan ini bisa dilakukan 1 tahun sekali, bersamaan dengan Light Service.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com