Kompas.com - 08/08/2022, 18:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Sistem AC mobil terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan. Ada yang merupakan komponen utama, ada juga sebagai komponen pelengkap.

Seperti sight glass, tidak semua mobil menggunakan komponen ini. Biasanya ditemukan di mobil-mobil tua, melengkapi drier atau pada sambungan selang AC.

Bentuknya seperti mata cincin, bulat dan menyatu dengan saluran AC. Dari mata kaca yang berbentuk bulat tersebut dapat dilihat aliran freon yang sedang mengalir saat sistem AC bekerja.

Baca juga: Benarkah Komponen AC Mobil Lawas Lebih Awet?

Sight glass dapat membaca kondisi freonErwin Setiawan Sight glass dapat membaca kondisi freon

Mekanik Senior Sinar AC Andi, mengatakan sight glass berfungsi sebagai alat pembaca aliran freon, dari sana dapat diketahui seperti apa kondisi tekanan freon tanpa harus menggunakan alat khusus.

“Jika alirannya mengandung buih kecil-kecil seperti busa, itu aliran freon normal tapi agak rendah, sedangkan bila alirannya tersendat-sendat itu menandakan ada pampatan di saluran AC,” ucap Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Dia mengatakan ada perbedaan warna aliran freon ketika sistem AC bekerja dan tidak, begitu juga ketika aliran freon pada sistem AC tidak normal. Sehingga, sight glass dapat membantu dalam proses pengisian freon.

Baca juga: Mengenal Fungsi Drier pada AC Mobil

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Sementara itu, Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan sight glass tidak lagi diperlukan pada mobil-mobil modern, karena sekarang dalam proses pengisian freon sudah menggunakan alat khusus.

“Mengisi freon zaman sekarang sudah menggunakan alat yang bisa menghitung masa freon, biasanya satuannya gram, antara 450 gram sampai 800 gram untuk mobil-mobil pribadi, menyesuaikan yang tertera pada kap mesin,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Jadi, sight glass ini berfungsi cukup penting pada masanya, karena dapat membaca kondisi aliran freon di dalam sistem AC mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.