Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Segway E110L di GIIAS 2022, Respons Gas Padat

Kompas.com - 15/08/2022, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Segway resmi meluncurkan empat sepeda motor listrik di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Tiap model memiliki keunggulan tersendiri terutama di jarak tempuh.

Untuk menjaring konsumen Segway menyediakan unit tes di area test ride GIIAS 2022. Ada dua model yang disiapkan yaitu E110L dan E200P. Kompas.com yang penasaran kemudian mencoba E110L di area indoor.

Baca juga: Ada Sentuhan Baru pada Bodi Bus Legacy SR3 Panorama

Pertama melihat secara dekat Segway E110L Kompas.com suka kualitas rancang bangun motor ini. Catnya bagus, bagian bodi mulus dan di sambungannya tidak kasar. Material kaki-kakinya juga terlihat kokoh.

Kompas.com yang penasaran mencoba Segway E110L di area indoor GIIAS 2022.
KOMPAS.com/Adityo Kompas.com yang penasaran mencoba Segway E110L di area indoor GIIAS 2022.

Desain

Desain Segway E110L khas skutik listrik untuk komuter perkotaan. Desainnya kompak dan terkesan imut tanpa banyak garis tegas. Desain lampu depannya sederhana, di mana skema tersebut mengalir sampai ke belakang.

Kemudian yang menarik desain belakangnya. Di bagian ujungnya, kompetitor NIU itu punya semacam duck tail atau paruh bebek sebagai pemanis yang biasanya ada di fasia depan motor-motor adventure.

Fitur

Segway E110L dilengkapi sensor duduk untuk keamanan. Ketika pengendara belum duduk maka lampu di bagian klaster instrumen berwana oranye dan ketika duduk berubah jadi biru tanda siap jalan.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Motor Listrik Keeway Belum Dijual Massal

Kompas.com yang penasaran mencoba Segway E110L di area indoor GIIAS 2022.
KOMPAS.com/Adityo Kompas.com yang penasaran mencoba Segway E110L di area indoor GIIAS 2022.

Setelah duduk sempurna dan lampu berubah warna, pengendara juga mesti memencet tombol warna hijau di setang kanan. Baru kemudian motor bisa jalan.

Jadi misalkan sudah memencet tombol hijau tapi sensor tidak membaca ada orang yang duduk di atas jok maka motor tidak bisa digas alias tidak jalan.

Fitur lainnya yaitu ialah reverse alias gigi mundur. Tinggal memencet tombol "R" sambil ditahan dan kemudian "ngegas" motor bisa muncur untuk memudahkan saat parkir dan kebutuhan lainnya.

Baca juga: Isuzu Fokus ke Layanan Purna Jual

Ada juga semacam fitur cruise control. Pemandu teknis Segway di area test ride GIIAS 2022, mengatakan, cruise control itu mulai bekerja dalam kecepatan 10 kpj. Pengendara tinggal memencet tombol untuk mengaktifkan, dan saat mengerem sistemnya kembali normal.

Posisi berkendara

Posisi berkendara E110L cukup nyaman. Setang mudah dijangkau tangan. Posisi kaki saat duduk tidak terlalu tinggi sehingga membuat sikut dan dengkul tak berdekatan seperti beberapa skuter listrik.

Bentuk jok sederhana seperti roti tawar menjadi keunggulan karena pengendara bisa mundur atau untuk menyesuaikan posisi duduk.

Kompas.com yang penasaran mencoba Segway E110L di area indoor GIIAS 2022.Foto: Fariz Kompas.com yang penasaran mencoba Segway E110L di area indoor GIIAS 2022.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com