Biar Ingat, Dasar Hukum dan Alasan Motor Nyalakan Lampu Siang Hari

Kompas.com - 05/08/2022, 16:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Video cekcok antara polisi lalu lintas dengan pengendara sepeda motor viral di media sosial. Polisi ingin menilang pengendara karena disebut tidak mematuhi peraturan soal lampu utama.

Netizen yang melihat video tersebut kembali mempertanyakan mengenai dasar hukum dan fungsi menyalakan lampu di siang hari. Sebab saat siang pandangan cerah berbeda dengan malam, karena itu pemakaian lampu dipertanyakan.

Baca juga: Video Viral Cekok Pengendara Motor dan Polisi karena Masalah Lampu

Penyalaan lampu motor pada siang hari disebut merupakan upaya menekan potensi kecelakaan lalu-lintas karena gagalnya mengantisipasi keberadaan kendaraan satu dengan yang lainnya.

@pasau05 Sejak kapan lampu jauh/lampu tembak jadi lampu utama #viral #polri #kapolri #kapolriindonesia #satlantas #satlantasjakpus#kapolribaru #tilang #tilangmotor #polisi #polisiindonesia ? suara asli - Not Ur Mine

 

Pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu utama di siang hari sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 107, karena kondisi jarak pandang motor terbatas.

Budiyanto, pemerhati masalah transporasi dan hukum mengatakan, penyalaan lampu motor pada siang hari agar posisi motor mudah dideteksi oleh kendaraan lain atau sederhananya mengurangi blind spot.

Baca juga: Cek Harga Hatchback Bulan Ini, Baleno Hilang dari Situs Resmi Suzuki

"Kenapa pada siang hari diwajibkan menyalakan lampu utama agar kendaraan tersebut mudah dideteksi oleh kendaraan lain yang ada di depannya karena adanya pantulan cahaya," kata Budiyanto kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Lampu motor Foto: Istimewa Lampu motor

"Dengan melihat ada pantulan cahaya pada spion, kendaraan lain di depannya akan lebih antisipasi pada saat mau mengubah lajur, berbelok, berhenti dan lain sebagainya sehingga terhindar dari risiko kecelakaan," ungkap dia.

Budiyanto mengatakan, mengapa hanya motor yang wajib menyalakkan lampu siang hari sebab menurut data, kecelakaan lalu-lintas paling besar melibatkan motor.

"Data laka nenunjukan diatas 60 persen kecelakaan lalu-lintas melibatkan motor baik sebagai pelaku maupun korban. Dengan dasar itulah maka pada siang hari motor diwajibkan untuk menyalakan lampu utama," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.