Pendapatan Astra Otoparts Naik di Semester I-2022

Kompas.com - 05/08/2022, 15:41 WIB

 


JAKARTA, KOMPAS.com – Sepanjang semester I-2022, PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) berhasil menorehkan kinerja positif. Berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2022, emiten suku cadang yang tergabung dalam grup Astra tersebut mencatatkan kenaikan pendapatan.

Astra Otoparts mampu mendulang keuntungan dengan pendapatan Rp 8,58 triliun di semester ini. Torehan angka tersebut meningkat dibandingkan periode sama pada tahun lalu yaitu Rp 7,15 triliun.

Moncernya volume bisnis Astra Otopart ditopang dari penjualan lokal yang juga meningkat dari dari Rp 4,27 triliun menjadi Rp 5,2 triliun semester ini. Tidak hanya itu saja, kenaikan juga terjadi pada penjualan ekspor yakni Rp 746,73 miliar.

Baca juga: Kenapa Filter Udara yang Kotor Bikin Motor Boros BBM?

Jika di semester I/2021 laba bersih Astra Otoparts sebesar Rp 267,06 miliar, di semester ini alami peningkatan menjadi Rp 432,49 miliar.

Direktur Astra Otoparts Wanny Wijaya mengatakan jika pendapatan dan laba bersih perseroan naik dibandingkan dengan Semester 1/2021 disebabkan dengan adanya peningkatan performa original equipment for manufacture (OEM) dan replacement market (REM).

“Pendapatan perseroan juga naik sebesar 20 persen seiring dengan kenaikan demand akan produk dan layanan yang dihasilkan oleh perseroan. Kenaikan pada beban pokok pendapatan sejalan dengan kenaikan permintaan dan kenaikan harga material. Namun kenaikan harga material akan di pass thru ke customer dengan jeda waktu 3-6 bulan,” kata Wanny kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).


Beban pokok pendapatan di semester ini Rp7,45 triliun meningkat dari periode sebelumnya yaitu Rp6,26 triliun. Peningkatan tersebut membuat laba bruto perseroan naik signifikan menjadi Rp1,12 triliun dari Rp890,49 miliar.

Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra OtopowerDok. Astra Otoparts Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra Otopower

Wanny mengatakan, untuk mempertahankan atau meningkatkan hasil positif ini, Astra Otoparts akan tetap mengimplementasikan strategi yang berfokus pada operational excellence dalam mencapai cost leadership dan efisiensi.

Lalu mengoptimalkan portofolio produk, improvement terhadap process dan automasi serta meleverage trading business.

Baca juga: Alasan Chery Tidak Ikut Bermain di Segmen MPV

“Kami juga melakukan percepatan digitalisasi baik di sisi trading maupun manufacturing. Di bisnis trading perseroan, kami optimalisasikan dengan platform digital yang kami miliki yaitu www.astraotoshop.com. Hal itu dilakukan untuk menjangkau customer B2B maupun B2C dalam skup yang lebih luas lagi,” kata Wanny.

Tidak hanya itu saja, Astra Otoparts akan berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan baik pada outlet retail dan juga di bisnis baru. Kemudian dari sisi manufacturing, akan lebih mengoptimalkan industri 4.0.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.