Video Viral Cekok Pengendara Motor dan Polisi karena Masalah Lampu

Kompas.com - 05/08/2022, 14:23 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan cekcok antara polisi lalu lintas dengan pengendara sepeda motor. Polisi ingin menilang pengendara tersebut karena disebut tidak mematuhi peraturan.

Pengendara motor tersebut dianggap salah karena tidak menyalakan lampu utama di siang hari. Di sisi lain pengendara itu mengklaim sudah menyalakan lampu utama hanya saja tidak terang.

Baca juga: Pasar Motor Listrik Terbesar Saat Ini di Bawah Rp 20 Juta

Dalam video yang tayang di akun TikTok pasau05, polisi menilai lampu utama yang disebut menyala ialah lampu senja. Karena itu polisi menganggap lampu utamanya tidak dipakai.

@pasau05 Sejak kapan lampu jauh/lampu tembak jadi lampu utama #viral #polri #kapolri #kapolriindonesia #satlantas #satlantasjakpus#kapolribaru #tilang #tilangmotor #polisi #polisiindonesia ? suara asli - Not Ur Mine

Namun pengendara motor tersebut menyatakan lampu yang menyala adalah lampu utama. Adapun yang disebut oleh polisi sebagai lampu utama yang tidak nyala sebenarnya lampu jauh.

Cekok tersebut menjadi pelik sebab pengendara motor menanyakan kepada polisi mengenai pasal di Undang-Undang, yang menyebut pemakaian lampu utama ialah lampu jauh.

Budiyanto, pemerhati masalah transporasi dan hukum mengatakan, aturan penggunaan lampu motor baik malam dan siang hari sudah diatur dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009 ttg LLAJ, Pasal 107.

  1. Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
  2. Pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagai mana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Lampu motor Aprilia SR-GT menggunakan LED, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Lampu motor Aprilia SR-GT menggunakan LED, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.

"Dengan demikian bahwa pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari merupakan pelanggaran lalu lintas," kata Buudiyanto kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Sanksi buat pelanggar kata Budiyanto, diatur dalam Pasal 293 ayat 2, di mana pelanggar dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.

Baca juga: Alasan Chery Tidak Ikut Bermain di Segmen MPV

Teguran

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.