Beli Mobil Tua Punya Sensasi yang Beda

Kompas.com - 05/08/2022, 12:22 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil tua bangka (motuba) memang identik dengan mobil yang memiliki beragam masalah. Normalnya, seperti itu tidak lagi diminati dan layak dirongsokkan.

Tapi ternyata, motuba masih saja menjadi mobil yang banyak diminati masyarakat. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, motuba juga memiliki hal-hal menarik lainnya.

Pemilik Garasi Mobkas Om Cilok Agus Dwi Giyanto, mengatakan motuba bisa dikatakan sebagai gudangnya ilmu otomotif karena pemilik motuba menjadi perlu berpikir kreatif, mandiri serta akan memiliki banyak teman.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Motuba

Ulang tahun Honda Civic ke-50Dok. Honda Ulang tahun Honda Civic ke-50

“Merawat motuba itu menarik karena banyak ilmu yang bisa didapatkan dari sana, pemilik kendaraan tidak hanya sekadar mengendarai tapi dituntut bisa menangani masalah secara mandiri,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Dia mengatakan merawat motuba akan lebih menarik lagi jika bergabung dengan komunitas motuba. Dari sana akan banyak sekali tips dan trik atau sekadar menceritakan pengalamannya.

“Merawat motuba itu tidak perlu tegang, tapi harus tenang menikmati kondisi mobil tua tersebut, jadi terkadang perlu mentoleransi banyak hal, tidak semua kerusakan perlu diperbaiki saat itu juga,” ucap Agus.

Baca juga: Merawat Motuba Tidak Boleh Sembarangan, Butuh Pengetahuan Khusus

Honda Civic Estilo
jnl Honda Civic Estilo

Dia mengatakan merawat motuba harus bisa memilih perbaikan yang akan dilakukan berdasarkan prioritas, apalagi bagi orang yang memiliki dana terbatas. Kecuali memang sudah disiapkan dana melimpah untuk melakukan restorasi.

“Jadi, kalau orang-orang dengan dana minim, sebaiknya perlu mengandalkan kreativitas dalam merawatnya,” ucap Agus.

Dia juga mengatakan banyak cara dalam memperbaiki komponen yang rusak pada motuba, tidak perlu diganti semua. Bahkan, untuk mobil-mobil yang sudah tidak diproduksi lagi masih bisa dicarikan onderdil persamaannya.

Baca juga: Merawat Mesin Motuba Jangan Sering ke Bengkel

Toyota Corona RT40instagram.com/77rshop Toyota Corona RT40

Jadi, seninya motuba ada di ilmu, kreativitas dan relasi. Minimal ketiga hal tersebut yang akan didapatkan oleh orang yang berkecimpung dalam dunia motuba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.