Modifikasi Motorescue, Honda ADV 150 Pemadam Kebakaran

Kompas.com - 05/08/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Honda Dream Ride Project (HDRP) 2021, yang merupakan kelanjutan dari Honda Modif Contest (HMC) 2019.

Tiga pemenang HMC 2019 kembali diberi tantangan memodifikasi Honda ADV150. Adapun salah satu konsep yang menarik yakni konsep Motorescue untuk pemadam kebakaran.

Konsep Motorescue untuk pemadam kebakaran ini dikerjakan Agus Ficdiyanto punggawa Alpha Siera Custom, dengan mentor Toshiyuki Osawa dari workshop Cheetah Custom Cycles, Jepang.

Baca juga: Tips Anti Salah Injak Pedal Mobil Matik

Modifikasi Motorescue Honda ADV150 pemadam kebakaran.Foto: AHM Modifikasi Motorescue Honda ADV150 pemadam kebakaran.

"Sesuai konsepnya ialah Motorescue, tutor saya dari Jepang dan Yayack Queen Lekha Choppers, mengarahkan jadi motor yang benar-benar multifungsi," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (5/8/2022).

"Awalnya konsepnya itu ambulans dan ada trailer-nya cuma dikembangkan jadi damkar. Ada dua pilihan waktu itu yaitu ambulans atau damkar yang disetujui motor itu (damkar)," kata dia.

Pemenang nasional HMC 2019 kategori Free for All itu mengatakan, secara fisik dia tidak mau mengubah banyak tampilan ADV 150. Karena tujuannya untuk jadi Motorescue yang diperhatikan ialah fungsi dan detailnya.

Baca juga: Daftar Harga Sedan Bekas Rp 100 Jutaan per Agustus 2022

Modifikasi Motorescue Honda ADV150 pemadam kebakaran.Foto: AHM Modifikasi Motorescue Honda ADV150 pemadam kebakaran.

"Secara fisik saya tidak mau ubah sebab desain aslinya sudah bagus, secara fisik saya hanya menambah fungsinya dengan boks kanan kiri tapi elegan dan menyatu," kata dia.

Agus mengatakan, bodi tambahan berupa boks kanan-kiri tersebut merupakan tempat Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Di mana masing-masing bisa memuat APAR 3 kg sehingga total 6 kg.

"Kemudian motor saya beri roll bar (crash bar), yang saya buat sendiri. Roll bar itu menempel di sasis jadi kuat untuk melindungi bodi dan juga motor," kata Agus.

Baca juga: Sulit ke Samsat, Ini Cara Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket

Modifikasi Motorescue Honda ADV150 pemadam kebakaran.Foto: AHM Modifikasi Motorescue Honda ADV150 pemadam kebakaran.

Kemudian jok belakang motor yang diberi nama "Wisang Geni" tersebut punya selang pemadam api yang bisa digulung, sirine, dan toa untuk meminta jalan jika ada kondisi darurat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.