Bahan Bakar Minyak yang Disarankan untuk Hyundai Stargazer

Kompas.com - 05/08/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum lama ini resmi memperkenalkan kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) alias MPV murahnya, yakni Hyundai Stargazer.

Mobil ini dibekali dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc MPI yang mampu mengelola tenaga sebesar 115 Ps atau 113,3 tk pada putaran 6.300 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya yakni 14,7 Kgm pada 4.500 rpm.

Agar performa mesin tetap terjaga, pemilik kendaraan disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. 

Sugiartono, Technical Manager Before Service Department PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengatakan, pemilik Hyundai Stargazer disarankan mengisi bahan bakar dengan kandungan oktan kandungan oktan 91 plus.

Baca juga: Kenapa Biaya Custom Motor Injeksi Lebih Mahal dari Karburator

“Kalau di Indonesia tidak ada 91 plus, kita rekomendasinya berarti RON 92. Ini untuk mendapat performa yang paling baik dan menjaga keawetan mesin, jadi harus lebih baik atau sama dengan 91 plus,” ujar Sugiartono, saat ditemui Kompas.com di Jakarta Selatan, Kamis (4/8/2022).

Test Drive Hyundai Stargazer di lintasan Hyundai.KOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Hyundai Stargazer di lintasan Hyundai.

Menurut Sugiartono, akan ada dampak buruk yang terjadi pada mobil jika menggunakan bensin dengan kandungan oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrikan.

“Efeknya jika tidak sesuai jelas akan membuat performa menurun. Selain itu juga akan timbul gejala knocking karena kompresi mesin tinggi,” kata dia.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Bus Dimatikan Saat Perjalanan Malam Hari

Selain itu, melakukan pengisian bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan juga bisa menyebabkan garansi mobil hangus.

“Kalau saat mesin dideteksi dan knocking terlihat jelas karena kesalahan dalam pengisian bahan bakar, garansi bisa gugur. Tapi kita lihat case by case, kalau itu berdampak (dari pengisian bahan bakar) bisa gugur (garansinya),” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.