Sulit ke Samsat, Ini Cara Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket

Kompas.com - 05/08/2022, 07:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Hidup di era yang serba canggih dengan berbagai teknologi nirkabel yang tersedia, kian mempermudah kebutuhan gaya hidup. Salah satunya, adalah urusan bayar pajak kendaraan yang dapat dilakukan dengan berbagai metode. 

Jika sebelumnya pemilik kendaraan harus mengantre di loket Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat) untuk membayar pajak. Kini aktivitas membayar pajak kendaraan bisa dilakukan di minimarket, contohnya melalui Indomaret atau Alfamart.

Cara bayar pajak motor di Indomaret atau Alfamart hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan serta uang tunai untuk membayar pajak.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Bus Dimatikan Saat Perjalanan Malam Hari

Sebelum bayar pajak motor di Indomaret dan Alfamart, simak beberapa dokumen persyaratan berikut ini:

· Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli pemilik kendaraan
· Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli pemilik kendaraan
· Nomor HP aktif

Usai melakukan pembayaran pajak kendaraan di Indomaret atau Alfamart, pemilik kendaraan akan mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran secara elektronik (e-TBPKP).

Dikutip dari laman samsatsurabayatimur.dipendajatim.go.id, berikut ini adalah tahapan atau cara bayar pajak motor di Indomaret atau Alfamart :

- Siapkan KTP asli, STNK asli dan nomor HP aktif. Datang ke Indomaret atau Alfamart terdekat. Temui petugas di kasir dan sampaikan bahwa Anda akan melakukan pembayaran pajak motor.

-Selanjutnya, kasir akan meminta informasi berupa nomor polisi, nomor mesin kendaraan, dan nomor HP atau pemilik kendaraan.

- Jika data sudah lengkap, akan muncul nominal pajak yang harus dibayarkan dan Anda bisa membayar pajak motor serta biaya adminnya melalui kasir.

Cara bayar pajak motor di Indomaret dan Alfamart dengan mudahKOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Cara bayar pajak motor di Indomaret dan Alfamart dengan mudah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.