Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Antisalah Injak Pedal Mobil Matik

Kompas.com - 05/08/2022, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus mobil matik menyelonong karena salah injak pedal gas masih kerap terjadi. Biasanya, pengemudi kurang awas menaruh kakinya, sehingga saat mau injak rem, malah menginjak gas.

Tentu saja ini bisa sangat berbahaya, apalagi kalau sampai terjadi di lokasi parkir. Mobil yang tadinya mau berhenti, malah melaju tidak terkendali, menabrak benda yang ada di depan atau belakang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada beberapa tips yang bisa mencegah pengemudi salah menginjak pedal, terutama saat mau parkir.

Baca juga: BBM Nonsubsidi Makin Mahal, Ubah Gaya Berkendara Mobil Matik biar Irit

Menginjak pedal gas pada mobilZulfana K. Rijal Menginjak pedal gas pada mobil

“Pertama, orientasi. Penting pengemudi lebih menguasai kendaraan secara bertahap. Banyak dari pengemudi mindset berkendara itu maju, mundur hanya pelengkap sehingga sering disepelekan,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Kedua, pengemudi harus tahu menempatkan kaki, terutama kaki kanan. Posisikan tumit kaki selalu di depan pedal rem, bukan pedal gas.

Baca juga: Tidak Disita, Motor yang Data STNK-nya Dihapus Hanya Dianggap Bodong


“Sehingga, proses mengerem lebih sempurna dan apabila akan menginjak pedal gas, ujung kaki sedikit menekuk ke kanan,” kata Sony.

Terakhir, ketika parkir biarkan kendaraan bergulir pelan. Jadi tidak usah terburu-buru mau selesai parkir, yang penting adalah selamat, kendaraan tidak rusak karena lalai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com