Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Bakar Tidak Sesuai Spesifikasi Mesin, Bikin Performa Loyo

Kompas.com - 18/07/2022, 13:56 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pembakaran dalam atau Internal Combustion Engine (ICE) membutuhkan tiga hal agar bisa bekerja, yakni udara, api, dan bahan bakar.

Khusus untuk poin ketiga, dibutuhkan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin agar bisa menghadirkan ledakan yang sesuai dengan timing kerja mesin dan akhirnya membuat performa kendaraan menjadi maksimal.

Marketing Head PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi menyebutkan, penggunaan bensin yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pabrikan akan membuat performa mesin tidak bisa keluar secara maksimal.

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Lagi Tes Jalan, DFSK FenGuang Mini EV?

Mesin mobil DFSK Glory i-AutoDOK. DFSK Mesin mobil DFSK Glory i-Auto

Selain itu, ada efek samping lain yang bisa ditimbulkan seperti suara menggelitik dari mesin hingga komponen di dalam mesin jadi tidak awet usia pakainya.

"Penggunaan bensin yang tidak sesuai dengan anjuran pabrikan akan membuat pembakaran di ruang bakar tidak sempurna. Ini bisa kita ketahui dengan suara menggelitik yang dihasilkan dari mesin. Lama kelamaan juga bisa menimbulkan kerusakan di dalam mesin, biaya perbaikan yang ditimbulkan akan sangat besar," ungkap Fiqi dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (18/7/2022).

Seluruh mesin kendaraan penumpang DFSK menggunakan teknologi turbocharge sehingga bisa menghasilkan tenaga yang optimal namun tetap irit bahan bakar.

Terbukti dari mesin 1.5L milik DFSK Glory i-Auto mampu menghasilkan tenaga 150 PS atau 147,9 TK di 5.600 rpm dan torsinya 230 Nm di 1.800-4.000 yang disalurkan melalui transmisi CVT yang halus serta efisien.

Baca juga: Alasan Kenapa Dilarang Mengecas Power Bank di Kabin Bus

Mesin berteknologi tinggi ini tentu saja membutuhkan asupan bensin yang berkualitas agar performa terbaiknya bisa dirasakan langsung oleh pemilik kendaraan.

Pihak pabrikan menganjurkan kepada para pemilik kendaraan DFSK Glory i-Auto untuk setidaknya menggunakan bensin yang memiliki standar RON 92.

Standar yang dianjurkan oleh pihak pabrikan ini juga sudah tercatat di dalam manual book untuk DFSK Glory i-Auto. Selain menggunakan bensin yang sesuai dengan spesifikasi, konsumen juga wajib menjaga kondisi mesin dengan melakukan servis berkala secara teratur sesuai panduan di buku servis kendaraan.

Saat melakukan servis berkala, maka para teknisi DFSK akan melakukan pengecekan berbagai kondisi komponen seperti oli mesin, filter, busi, dan bagian lainnya untuk dibersihkan dan diganti jika sudah waktunya.

Seluruh aktivitas ini akan memastikan bahwa konsumen akan mendapatkan selalu performa terbaik kendaraannya sehingga perjalanan menjadi aman dan menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com