Kompas.com - 18/07/2022, 13:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pionir kendaraan listrik (electric vehicle/EV) termurah saat ini, Nissan Leaf diwacanakan akan dihentikan produksinya karena beberapa faktor, dari pergeseran model hingga volume penjualan.

Menurut laporan Automotive News dilansir Antara, perseroan tak memiliki rencana untuk memperkenalkan versi generasi berikutnya dari Nissan Leaf. Bahkan terdapat kemungkinan menyuntik mati produksinya.

Sehingga, produksi Leaf saat ini akan berakhir pada pertengahan dekade, menurut laporan tersebut, yang mengutip tiga sumber anonim.

Baca juga: Toyota Menguasai Pasar Mobil Indonesia Semester I/2022

Nissan LeafKOMPAS.com/Ruly Nissan Leaf

Seorang juru bicara dari Nissan menolak untuk berspekulasi tentang masa depan Leaf, tetapi mengatakan bahwa perusahaan telah mencatat minat baru pada model itu di tengah permintaan yang tinggi untuk EV.

"Kami melihat minat baru pada Leaf dengan meningkatnya permintaan untuk EV dan proposisi nilai keseluruhannya," kata juru bicara Nissan Stephen Oldham kepada The Verge dikutip Senin (18/7/2022).

"Sejak diluncurkan, Leaf secara konsisten memberikan kepuasan pelanggan yang kuat dan pembeli baru ke Nissan," imbuhnya.

Jika Nissan menindaklanjuti rencananya untuk menghentikan Leaf, itu akan menjadi kendaraan berukuran kompak terbaru yang menjadi korban dari selera pembeli mobil Amerika yang lebih menyukai tipe SUV besar dan truk.

Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leafassemblymag.com Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf

Leaf saat ini adalah satu-satunya mobil listrik yang dijual Nissan di AS. Namun, akhir tahun ini, Nissan dilaporkan akan merilis Ariya, SUV crossover listrik baru dengan jangkauan hingga 300 mil.

Ariya dilaporkan akan lebih mahal daripada Leaf. Harnya mulai dari sekitar 47 ribu dolar AS, sementara LEAF dibanderol mulai 27.400 dolar AS.

Terlepas dari harganya yang terjangkau, Leaf dilaporkan tidak mencatatkan penjualan yang cukup baik. Pertama kali dirilis pada 2010, Nissan hanya menjual sekitar 170 ribu Leaf di AS selama dekade terakhir.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.