Kenali Fungsi Booster Rem Mobil, Bikin Ringan Pedal Rem

Kompas.com - 10/07/2022, 11:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan. Tanpa rem yang prima, mobil bisa mengalami kecelakaan karena kecepatan tidak bisa berkurang sesuai keinginan pengendara.

Agar rem selalu prima maka diperlukan perawatan rutin, mulai dari pembersihan, pelumasan hingga penyetelan. Selain itu, komponen penunjang rem juga perlu diperiksa seperti minyak rem, master rem, kaliper rem dan booster.

Untuk booster, sebenarnya tidak memerlukan perawatan seperti komponen lainnya. Hanya saja perlu dipastikan bahwa fungsinya bekerja dengan baik setiap kali melakukan servis.

Hal itu penting, karena bila booster rem tidak berfungsi dengan baik bisa membuat rem keras dan daya pengereman berkurang.

Baca juga: Ketahui Tanda Kampas Rem Mobil Minta Diganti

Ruang Mesin Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang Mesin Toyota Hilux Facelift

Pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun, Eko Setiawan mengatakan booster berfungsi untuk membantu pengereman agar lebih ringan.

“Biar pedal rem ringan, jadi gaya yang diberikan pada pedal rem akan dikombinasikan dengan gaya vakum pada mesin, sehingga gaya yang dihasilkan untuk menekan kampas rem menjadi lebih besar,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Dia menjelaskan untuk membuat kampas rem menekan disc brake atau tromol dengan kuat dibutuhkan gaya yang cukup besar.

Ketika kendaraan hanya mengandalkan pesawat sederhana berupa pengungkit dari pedal rem, itu masih kurang, atau pengendara perlu menginjak rem dengan sekuat tenaga.

Baca juga: Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak

Menginjak gas pada mobilPokPak05 Menginjak gas pada mobil

Tapi dengan adanya booster rem, maka gaya yang perlu dikeluarkan pengendara untuk menginjak pedal rem menjadi lebih kecil. Dengan kata lain pedal rem menjadi lebih ringan karena dengan gaya sekian sudah bisa membuat rem bekerja maksimal.

Jika sistem rem tidak menggunakan booster, maka dapat dipastikan pengendara akan kewalahan ketika harus sering melakukan pengereman pada kecepatan tertentu.

Jadi, booster rem memang sangat penting dalam sistem rem, sehingga perlu dilakukan pengecekan setiap melakukan servis. Bahkan, kalau perlu pengendara juga bisa turut membantu pengecekan setiap saat, minimal sebelum melakukan perjalanan dengan mobil tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.