Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak

Kompas.com - 09/07/2022, 16:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem merupakan sistem penting dalam kendaraan. Selain membutuhkan tenaga dari mesin untuk menggerakkan, mobil juga membutuhkan rem untuk menurunkan kecepatan kendaraan hingga membantu berhenti.

Bisa dibayangkan, mobil tanpa rem akan kesusahan untuk berhenti, bahkan untuk berjalan kencang juga takut karena tidak ada sistem yang menghambat laju kendaraan. Maka dari itu, sistem rem itu ada dan perlu dirawat dengan baik agar fungsinya bekerja dengan maksimal.

Terkadang dijumpai rem bekerja dengan baik, tapi di pedal rem terasa ada getaran begitu direm pada kecepatan tertentu. Tentu saja, itu merupakan indikasi bahwa sistem rem bermasalah dan sebaiknya segera diperbaiki.

Baca juga: Pedal Rem Mobil Terasa Naik Turun Saat Diinjak, Cek Komponen Ini

Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar Dicky Aditya Wijaya Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar

 

Pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun Eko Setiawan, mengatakan penyebab pedal rem getar saat direm pada kecepatan tinggi bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai spooring dan balancing hingga masalah kaki-kaki.

“Itu ada beberapa kemungkinan, bisa dari spooring balancing, disc brake (piringan rem) atau dari kaki-kaki,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (8/7/2022)

Dia mengatakan sudut-sudut penyelaras roda yang tidak tepat bisa membuat roda bergetar, sehingga getaran tersebut terasa di pedal rem. Roda yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan getar, walau sebenarnya tanpa direm pun akan terasa getarannya.

Baca juga: Injak Pedal Rem Mobil Terasa Bergetar, Kenali Masalahnya!

Kampas rem Bosch Reliable Braking PerformanceDOK. BOSCH Kampas rem Bosch Reliable Braking Performance

“Tapi dengan direm, ada beban yang bertambah sehingga bisa memberikan efek getar yang lebih besar. Sehingga getarannya terasa di pedal rem,” ucap Eko.

Dia juga mengatakan piringan rem yang tidak rata bisa membuat pedal rem bergetar. Logikanya, ketika kampas rem menempel dengan piringan rem, maka gaya yang mendorong kampas adalah gaya dari pedal rem, sehingga jika piringan rem tidak rata, maka akan terasa gaya dorong balik di pedal rem.

Dia juga mengatakan kaki-kaki yang sudah oblak, atau karetnya pecah bisa membuat getar di kendaraan. Seharusnya kaki-kaki bisa menahan gaya dorong kendaraan saat terjadi pengereman, tapi karena ada komponen yang sudah rusak maka terjadi getaran yang bisa terasa di pedal rem.

Baca juga: Ini Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar

Peredam kejut pada bagian mobilIstimewa Peredam kejut pada bagian mobil

Komponen kaki-kai tersebut bisa berupa link arm yang pecah karetnya, bearing roda yang oblak parah, rack steer yang goyang, knuckle oblak dan semua komponen yang berhubungan dengan roda dan kaki-kaki.

“Untuk memastikan apa penyebabnya, perlu datang ke bengkel yang kompeten dalam bidangnya, dari hasil tes itu juga perlu kami ukur dan dipastikan apakah benar komponen tersebut yang bermasalah” ucap Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com