Kompas.com - 09/07/2022, 16:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampas rem merupakan komponen yang perlu diganti secara rutin, sebab permukaannya selalu terkikis dengan perlahan pada saat kendaraan digunakan, khususnya ketika melakukan pengereman. 

Biasanya, setiap melakukan servis di bengkel ketebalan kampas rem ini akan diukur, jika sudah melewati limit, maka seperti biasa disarankan untuk melakukan penggantian.

Hanya saja, terkadang kampas rem bisa habis di tengah perjalanan sehingga mau tidak mau pengendara perlu mengetahui tanda-tandanya agar tidak terjadi kerusakan yang bisa mempengaruhi keselamatan.

Baca juga: Kebiasan Ini Bikin Usia Kampas Rem Mobil Matik Lebih Pendek

Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSight

Pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun Eko Setiawan, mengatakan tanda-tanda kampas rem perlu diganti ada dua, bisa karena timbulnya bunyi decit atau dari level minyak rem yang turun.

“Tandanya bisa dari bunyi gesekan logam, berderit, itu kemungkinan kawat indikator kampas rem sudah menyentuh disc brake, atau dari berkurangnya minyak rem di reservoir,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Dia mengatakan beberapa bunyi di kampas rem bisa menandakan kampas rem sudah tipis sehingga perlu segera diganti, tapi tidak semua bunyi decit di rem berarti kampas rem tipis. Bisa saja karena adanya kotoran atau kurangnya pelumasan.

Baca juga: Agar Kampas Rem Mobil Tak Cepat Aus, Ubah Cara Mengemudi

Kia melepas dua varian baru, Seltos Diesel dan Seltos GT Line ke pasar domestik Indonesia dari ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Priyantoro Kia melepas dua varian baru, Seltos Diesel dan Seltos GT Line ke pasar domestik Indonesia dari ajang GIIAS 2021.

Begitu juga level minyak rem yang kurang, bisa menjadi tanda bahwa kampas rem tipis tapi bila kurangnya minyak rem cukup banyak bisa jadi ada permasalahan lain, seperti kebocoran minyak rem dan lain sebagainya.

“Jika muncul tanda-tanda tersebut (bunyi decit atau minyak rem kurang) tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada pihak bengkel, jangan langsung minta ganti komponen,” ucap Eko.

Walaupun tanda-tanda kampas rem tipis bisa diketahui, sebagai pengendara tetap perlu memastikan apa yang sebenarnya terjadi. Karena bisa jadi kampas rem masih tebal dan tidak perlu diganti, hanya perlu dibersihkan dan dilumasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.