Kompas.com - 09/07/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki mobil menjadi perangkat penting bagi sistem kelistrikan. Karena itu penting untuk melakukan perawatan secara berkala, karena bila tidak, imbasnya bisa mendatangkan banyak kerugian, bahkan sangat memungkinkan untuk meledak.

Akhmad Sandhipatria, Quality Assurance Department Head Astra Otoparts menjelaskan, ada banyak faktor yang menyebabkan aki mobil meledak.

Hal tersebut tak lepas karena aki merupakan komponen kelistrikan yang menghasilkan energi dari reaksi kimia dengan salah satu output berupa gas hidrogen.

Gas Hidrogen sendiri memiliki sifat mudah terbakar ketika dekat dengan titik api. Lantaran itu, ketika hal tersebut terjadi maka sangat memungkinkan aki untuk meledak.

Baca juga: Tanpa Subsidi, Harga Pertalite Tembus Rp 17.200 dan Solar Rp 18.150

"Yang penting kita perlu mengetahui terlebih dulu di mana saja kemungkinan titik api berada dalam komponen aki, maupun kemungkinan titik api lainnya pada area mesin, sehingga kita bisa antisipasi pencegahannya," ujar Akhmad, dalam keterangan resminya, Sabtu (9/7/2022).

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Sementara itu, Atmahadi Widodo, Technical Support Department Head PT GS Battery mengatakan, banyak faktor yang dapat menyebabkan titik maupun percikan api, baik itu internal atau eksternal aki yang terpasang.

Untuk internal yang jadi pemicu percikan api diantaranya adalah sentuhan antar pelat. Dengan bertambahnya usia pakai aki, larutan asam semakin berkurang dan pelat tak lagi terendam sehingga bisa membuat melengkung.

"Saat kunci start diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter dapat menyebabkan pelat yang sudah bengkok menjadi lentur dan kemungkinan akan bersentuhan dengan pelat lain sehingga menimbulkan percikan api," kata Atmahadi.

Dari faktor eksternal, biasanya ditemukan pada ledakan aki saat menyalakan mesin mobil ketika kondisi kutub-kutub aki dan kabel kotor.

Baca juga: Modifikasi Toyota New Veloz, Tampil Makin Sporty

Adanya kotoran menghambat jalannya arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api. Karena itu, penting untuk melakukan pengecekan dan membersihkan aki secara teratur.

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.